Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP

OKTAVERA, CHERRYN and Tambunan, Linda Rosmery and Susanti, Susanti (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text (Abstrak)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (231kB)
[img] Text (BAB I)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (Full Teks)
Cherryn Oktavera_190384202013_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD berbasis PBL yang valid, praktis dan efektif untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar kelas VII SMP. Metode penelitian dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) model pengembangan 4D. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VII.2 SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Instrumen pengumpulan datanya adalah angket validasi, angket uji coba produk, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dijelaskan menggunakan angka dan uraian kalimat. Hasil validasi diperoleh informasi kelayakan E-LKPD yaitu penilaian ahli materi sebesar 84% dengan kategori valid, ahli media sebesar 87% dengan kategori valid, dan penilaian bahasa sebesar 89% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas atau uji coba produk didapatkan respon guru sebesar 96,40% dengan kriteria sangat praktis dan peserta didik 84,50% dengan kriteria praktis. Hasil uji efektivitas N-gain memperoleh skor 0,71 dengan kategori peningkatan tinggi. Berdasarkan indikator pemecahan masalah, kemampuan pemecahan masalah peserta didik mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDTambunan, Linda RosmeryNIDN.1006106601
UNSPECIFIEDSusanti, SusantiNIP.199202092019032020
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:15
Last Modified: 07 Aug 2023 06:15
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5594

Actions (login required)

View Item View Item