MONIKA PUTRI, WANDA and Elfitra, Legi and Habiba, Siti (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETI ILMU PERSUASI PADA MATERI TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
WANDA MONIKA PUTRI_190388201023_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Cover.pdf - Published Version Download (733kB) |
|
Text (Abstrak)
WANDA MONIKA PUTRI_190388201023_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Abstrak.pdf - Published Version Download (366kB) |
|
Text (BAB I)
WANDA MONIKA PUTRI_190388201023_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- BAB I.pdf - Published Version Download (497kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
WANDA MONIKA PUTRI_190388201023_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (362kB) |
|
Text (Full Teks)
WANDA MONIKA PUTRI_190388201023_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran peti ilmu persuasi pada materi teks persuasi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D sampai pada tahap pengembangan. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan media pembelajaran berbasis visual dengan bahan dasar triplek dan berwarna cokelat. Media pembelajaran ini telah dinilai berdasarkan penilaian dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Jumlah siswa pada uji coba media ini berjumlah 6 siswa untuk kelompok kecil dan 36 siswa kelompok besar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu wawancara, angket validasi media oleh ahli media dan ahli materi, serta angket kepraktisan media oleh siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan dua teknik, yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh rata-rata 93% dengan kriteria “sangat valid” untuk media, rata-rata 95% dengan kriteria “sangat valid” untuk materi. Selain itu, penelitian ini dilakukan uji coba kepada siswa yang memperoleh rata-rata 84% dengan kriteria “sangat praktis” oleh kelompok kecil dan rata-rata 90% dengan kriteria “sangat praktis” oleh kelompok kecil.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.01 Public Schools/Sekolah Negeri 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 02:14 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 02:14 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5601 |
Actions (login required)
View Item |