GABRIELA SPANICK MAING, THERESIA and Leo Shanty, Isnaini and Elfitra, Legi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUSEUM BIOGRAFI PADA MATERI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SENAYANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
THERESIA_GABRIELA_ SPANICK_MAING_19038820101033_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Cover.pdf - Published Version Download (601kB) |
|
Text (Abstrak)
THERESIA_GABRIELA_SPANICK_MAING_190388201033_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Abstrak.pdf - Published Version Download (645kB) |
|
Text (BAB I)
THERESIA_GABRIELA_SPANICK_MAING_190388201033_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - BAB I.pdf - Published Version Download (712kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
THERESIA_GABRIELA_SPANICK_MAING_190388201033_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (732kB) |
|
Text (Full Teks)
THERESIA_GABRIELA_SPANICK MAING_190388201033_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran museum biografi pada materi teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Senayang. Media museum biografi melalui tahap tingkat validasi dan kepraktisan yang diukur melalui tahap validasi ahli media dan uji kepraktisan media oleh kelompok kecil dan kelompok besar. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap dan tahap pertama yaitu, analyze (analisis), design (tahap perancangan), development (tahap pengembangan), implementasi (tahap penerapan), dan evaluate (tahap evaluasi) namun pada penelitian ini hanya sampai ditahap development (tahap pengembangan). Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media visual menarik yang berupa triplek berbentuk museum, pada media tersebut terdapat materi teks biografi, permainan dan soal-soal tentang teks biografi. Media museum biografi dilakukan validasi oleh dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Uji coba kepraktisan media dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok kecil dengan jumlah 9 orang siswa dan kelompok besar dengan jumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah wawancara, observasi lapangan, angket validasi media, angket validasi materi, dan angket kepraktisan media. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis persantase nilai rata rata yang diberikan oleh ahli media dan uji coba kepraktisan media, selanjutnya deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran dan masukkan terhadap media. Hasil produk dari penelitian ini adalah media pembelajaran museum biografi dengan persentase dari ahli media memperoleh rata-rata 82% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli materi memperoleh rata-rata 77% dengan kriteria valid. Setelah itu, dilakukan uji coba kepraktisan media kepada siswa kelas X SMA Negeri 3 Senayang. Uji coba kepraktisan media oleh kelompok kecil memperoleh rata-rata 95% dengan persentase sangat praktis, selanjutnya uji coba kepraktisan media oleh kelompok besar memperoleh rata-rata 93,7% dengan persentase sangat praktis. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan penelitian lanjutan agar mengetahui efektivitas dari media dan dapat dijadikan sebuah referensi untuk penelitian pengembangan media visual yang lebih kreatif dan menarik lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:12 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:12 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5672 |
Actions (login required)
View Item |