HAIRUNNISA, FITRIA and Elvi, Mariyanti and Liana, Metta (2023) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL AKM PADA KONTEN GEOMETRI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
FITRIA_HAIRUNNISA_190384202011_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (354kB) |
|
Text (Abstrak)
FITRIA_HAIRUNNISA_190384202011_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (121kB) |
|
Text (BAB I)
FITRIA_HAIRUNNISA_190384202011_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (164kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
FITRIA_HAIRUNNISA_190384202011_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (669kB) |
|
Text (Full Teks)
FITRIA_HAIRUNNISA_190384202011_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal model AKM pada konten geometri. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 6 siswa dengan masing-masing 2 kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengunpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara dengan instrumen utama adalah peneliti itu sendiri dan instrumen pendukung berupa lembar tes soal model AKM pada konten geometri yang sudah divalidasi oleh pakar ahli matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data dilakukan triangulasi teknik dengan membandingkan hasil tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah literasi matematika yang dimiliki oleh siswa berdasarkan kategori. Siswa dengan kategori tinggi memiliki literasi yang baik dimana mampu memenuhi ketiga indikator yaitu merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian. Sedangkan siswa dengan kategori sedang mampu memenuhi kedua indikator yaitu merumuskan masalah dan menerapkan konsep tetapi belum mampu menafsirkan hasil penyelesaian. Sedangkan siswa dengan kategori rendah hanya mampu memenuhi indikator merumuskan masalah dan belum memenuhi indikator menerapkan konsep dan menafsirkan hasil penyelesaian.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:44 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:44 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5677 |
Actions (login required)
View Item |