AULIA, ZAHRA and Shanty, Isnaini Leo and Elfitra, Legi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JENDELA BAHASA BERBASIS BLOG PADA TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 KOTA BATAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ZAHRA AULIA_190388201078_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf - Published Version Download (637kB) |
|
Text (Abstrak)
ZAHRA AULIA_190388201078_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (BAB I)
ZAHRA AULIA_190388201078_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_BAB I.pdf - Published Version Download (236kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ZAHRA AULIA_190388201078_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
Text (Full Teks)
ZAHRA AULIA_190388201078_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Jendela Bahasa berbasis blog pada teks biografi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Batam tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini, dilakukan uji validitas dan kepraktisan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran Jendela Bahasa berbasis blog merupakan sebuah media pembelajaran yang menggunakan framer berisikan materi teks biografi yang terdiri atas pengertian, struktur, dan kaidah kebahasaan serta latihan soal yang dapat diisi oleh siswa. Media pembelajaran Jendela Bahasa berbasis blog divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta dilakukan uji kepraktisan oleh siswa kelompok kecil berjumlah 5 siswa dan siswa kelompok besar berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, angket validitas media dan angket kepraktisan media. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif terhadap saran dan masukan terkait media pembelajaran serta deskriptif kuantitatif guna menganalisis skor penilaian validitas dan kepraktisan media. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran Jendela Bahasa berbasis blog memperoleh persentase 80% dengan kualifikasi "valid" dari validasi materi oleh ahli materi dan memperoleh persentase 86% dengan kualifikasi "sangat valid" dari validasi media oleh ahli media. Selanjutnya dilakukan uji kepraktisan dengan siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Batam memperoleh persentase 89% dengan kualifikasi "sangat praktis" dari uji kepraktisan siswa kelompok kecil dan memperoleh persentase 89,3% dengan kualifikasi "sangat praktis" dari siswa kelompok besar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 03:59 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 03:59 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5681 |
Actions (login required)
View Item |