NORAHSIKIN, NORAHSIKIN and Shanty, Isnaini Leo and Kurmalasari, Tety (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HAND OUT DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 KOTA TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
NORAHSIKIN_190388201055_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover_compressed (1).pdf Download (606kB) |
|
Text (Abstrak)
NORAHSIKIN_190388201055_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version Download (264kB) |
|
Text (BAB I)
NORAHSIKIN_190388201055_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_BAB I.pdf - Published Version Download (343kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
NORAHSIKIN_190388201055_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (253kB) |
|
Text (Full Teks)
NORAHSIKIN_190388201055_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan Bahan Ajar Hand Out dengan Pendekatan Komunikatif Pada Teks Prosedur Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Tanjungpinang dengan melakukan uji validitas dan praktikalitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Pengumpulan data di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Tanjungpinang terhadap populasi sebanyak 498 siswa dan diambil sampel sebanyak 10% tiap kelas maka mendapatkan sampel sebanyak 52 siswa. Hasil penelitian: 1) dihasilkan bahan ajar hand out dengan pendekatan komunikatif. 2) bahan ajar hand out dengan pendekatan komunikatif memenuhi kriteria sangat baik dengan hasil validasi materi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 82.5%, hasil validasi bahan ajar oleh ahli bahan ajar diperoleh persentase sebesar 81.5% dan hasil validasi bahasa oleh ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 90%, sehingga bahan ajar hand out dengan pendekatan komunikatif layak untuk diimplementasikan kepada siswa. 3) praktikalitas bahan ajar hand out dengan pendekatan komunikatif oleh siswa diperoleh persentase sebesar 81.8% dengan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 04:44 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 04:44 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5685 |
Actions (login required)
View Item |