Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERPEN CERDAS PADA MATERI TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MANTANG

SETEPANTI, KIKI and Leo Shanty, Isnaini and Elfitra, Legi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERPEN CERDAS PADA MATERI TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MANTANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Kiki Setepanti_190388201045_PBSI_COVER.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (Abstrak)
Kiki Setepanti_190388201045_PBSI_ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text (Bab I)
Kiki Setepanti_190388201045_PBSI_BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Kiki Setepanti_190388201045_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (Fullteks)
Kiki Setepanti_190388201045_PBSI_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Setepanti, Kiki. 2023. Penelitian pengenmabang Media Pembelajaran Buku Cerpen Cerdas pada Materi Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mantang. Skripsi. Tanjungpinang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assist. Prof. Dra. Hj. Isnaini Leo Shanty, M.Pd. Pembimbing II: Assist. Prof. Legi Elfitra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Siswa Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku cerpen cerdas pada materi teks cerita pendek siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mantang. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang mana dimulai dari tahap Analyze (tahap analisis), design (tahap ancangan), develop (tahap pengembangan), Implement (tahap penerapan), Evaluate (tahap evaluasi). Dalam penelitian ini media yang dikembangkan adalah media visual berupa triplek yang berbentuk buku dengan penyanggah yang terbuat dari kayu, di dalam media ini terdapat materi teks cerita pendek, kumpulan cerita pendek yang ditulis sendiri oleh peneliti, dan kumpulan soal-soal dengan tambahan gambar berbentuk pena. Jumlah siswa dari uji coba kelompok kecil yaitu 9 orang, sedangkan pada uji coba kelompok besar yaitu 26 orang. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket validasi media, dan angket kepraktisan media. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif bertujuan untuk menganalisis komentar, saran dan masukan terhadap media, teknik selanjutnya adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis penskoran nilai yang diperoleh pada tahap validitas oleh validator dan kepraktisan media oleh siswa. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media buku cerpen cerdas dengan persentase validasi ahli media mencapai 100% dengan kriteria “sangat valid” dan validasi ahli materi memperoleh persentase 86% dengan kriteria “sangat valid. Selanjutnya, dilakukan uji coba kepraktisan media oleh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mantang dengan pemerolehan mencapai 81,4% dengan kriteria “sangat praktis” untuk uji coba kelompok kecil dan 91% dengan kriteria “sangat praktis” untuk uji coba kelompok besar. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk penelitian lanjutan agar mengetahui evaluasi dari media dan dilakukan perbaikan agar media dapat lebih baik lagi dan dikembangkan lagi, dan juga dapat dijadikan sebuah referensi dalampengembangan media visual yang lain. ABSTRACT Setepanti, Kiki. 2023. Research on the development of Smart Story Book Learning Media on Short Text Material for Class XI Student of State Senior Negeri 1 Mantang. Thesis. Tanjungpinang. Indonesia Language and Literature Education Study Program. Univaersity of Maritim Raja Ali Haji. Supevisor 1: Assist. Prof. Dra. Hj. Isnaini Leo Shanty, M.Pd. Advisor II: Assist. Prof. Legi Elfitra, S.Pd., M.Pd. Keywords: Development, Learning Media, Student. In this study, the aim was to develop learning media instead of short stories on short story text material for class XI Student of Stare Senior Negeri 1 Mantang. The development model used in this study is the ADDIE model which starts from the Analyze stage, deign, develop, implement, evaluate. In this study the media developed was visual media in the from of plywood in the from of a book with supports made of wood, in this media there was short story text material, a collection of short stories written by the researcher himself, and a collcection of questions with additona pen-shaped drawings. The number of student in the small group trial was 9 people, while in the large group trial it was 26 people. The data collection techniques in this study uced interview teachniques, media validation questionnaires, and media practicality questionnaires. The data analysis technique in this research is descriptive qualitative which aims to analyze comments, suggestions and input to the media, the next technique is descriptive quantitative to analyxe the scores obtained at the validity stage by the validator and the practicality of the media by student. The resulyts of this study are a media product of intelligent short story books with the percentage of media expert validation reaching 100% with the criteria of “very valid” and expert validation material obtained a percentage of 86% with the criteria of “very valid”. Furthermore, media practicality trials were carried out by class XI student of SMA Negeri 1 Mantang with acquisitions reaching 91,8% with the criteria of “very pactical” for small group trials and 86,1% with the criteria of “very practical”for laerge group trials. It is hoped that this research can be used as a reference for furrther research in order to find out the evaluation of the media and make improvements so that the media can be even better and developed again, and can also be used as a reference in the development of visual media that other.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorElfitra, LegiNIP.198501292015042002
ContributorLeo Shanty, IsnainiNIP.196207261986012001
Subjects: 400. Bahasa > 410. Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:42
Last Modified: 08 Aug 2023 02:42
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5687

Actions (login required)

View Item View Item