WALHIKMAH, HASSANAH and Hindrasti, Nur Eka Kusuma and Fernando, Adam (2023) PENGARUH MODEL PjBL- STEM BERBANTUAN iNATURALIST TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP PADA SUBMATERI KLASIFIKASI 5 KINGDOM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Hassanah Walhikmah_180384205003_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version Download (377kB) |
|
Text (Abstrak)
Hassanah Walhikmah_180384205003_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (310kB) |
|
Text (Bab 1)
Hassanah Walhikmah_180384205003_Pendidikan Biologi_BAB 1.pdf - Published Version Download (363kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Hassanah Walhikmah_180384205003_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (357kB) |
|
Text (Full Teks)
Hassanah Walhikmah_180384205003_Pendidikan Biologi_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pendidikan dilakukan untuk memaksimalkan suasana belajar dan hasil belajar yang diinginkan dengan memilih strategi pembelajaran yang tepat. Hal ini untuk memenuhi tuntutan agar siswa memiliki sejumlah keterampilan yang dituntut era abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model PjBL-STEM berbantuan iNaturalist terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP pada submateri klasifikasi 5 Kingdom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan quasi eksperimental berupa post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang pada tahun 2022/2023 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh 53 siswa yang dikelompokkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa post-test keterampilan berpikir kritis. Instrumen tes keterampilan berpikir kritis dikembangkan dengan melakukan validasi ahli dan validasi empiris. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan berupa uji Mann-Whitney U. Berdasarkan analisis hasil uji Mann-Whitney U dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model PJBL-STEM berbantuan iNaturalist terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:14 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:14 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5713 |
Actions (login required)
View Item |