NISA, MIFTAHUN and Fernando, Adam and Nevrita, Nevrita (2023) PENGEMBANGAN SOAL ESAI HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MATERI PLANTAE DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Miftahun Nisa_180384205040_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version Download (324kB) |
|
Text (Abstrak)
Miftahun Nisa_180384205040_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (108kB) |
|
Text (Bab 1)
Miftahun Nisa_180384205040_Pendidikan Biologi_Bab I.pdf - Published Version Download (117kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Miftahun Nisa_180384205040_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (97kB) |
|
Text (Full Teks)
Miftahun Nisa_180384205040_Pendidikan Biologi_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat dilatih dalam proses pembelajaran di kelas yang juga memberikan ruang kepada siswa untuk menemukan konsep pengetahuan berbasis aktivitas. Aktivitas dalam pembelajaran dapat mendorong siswa untuk membangun kreativitas dan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal esai Higher Order Thinking Skill pada materi Plantae di sekolah menengah atas yang valid dan reliabel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan Pendidikan (R&D). Model yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap Analyze : analisis kurikulum, analisis materi dan analisis karakter peserta didik. Tahap design yaitu tahap merancang soal, Tahap development (pengembangan) yaitu tahap pembuatan soal, validasi soal dan revisi soal, Tahap implementation yaitu tahap validasi, soal yang dikembangkan akan disebarkan dan di uji coba ke siswa, Tahap Evaluation yaitu tahap perbaikan soal yang akan dikembangkan. Teknik pengumpulan data adalah instrumen non tes yaitu lembar wawancara dan observasi, instrumen yang digunakan yaitu soal esai Higher Order Thinking Skill. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dari 10 soal HOTS materi Plantae valid dan reliabel.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:16 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:16 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5778 |
Actions (login required)
View Item |