MANIHURUK, ANGELINA JUMIKA and Malik, Abdul and Elfitra, Legi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MEDIA TEKA-TEKI PROSEDUR (E-MAP) PADA TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 BATAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ANGELINA JUMIKA MANIHURUK_190388201042_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf - Published Version Download (870kB) |
|
Text (Abstrak)
ANGELINA JUMIKA MANIHURUK_190388201042_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
Text (Bab I)
ANGELINA JUMIKA MANIHURUK_190388201042_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_BAB I.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ANGELINA JUMIKA MANIHURUK_190388201042_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (181kB) |
|
Text (Full Teks)
ANGELINA JUMIKA MANIHURUK_190388201042_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-MAP pada materi teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 17 Batam dengan mengukur tingkat validitas dan kepraktisan dari media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4-D yang dimulai dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), hingga tahap pengembangan (develop). Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media multimedia yang terdiri dari soal teka-teki teks prosedur. E-MAP dilakukan validasi media oleh dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Jumlah siswa uji coba praktiklitas media yaitu, 6 siswa untuk kelompok kecil dan 40 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket validitas media, dan angket kepraktisan media. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, deskriptif kualitatif untuk menganalisis komentar, saran, dan masukan terhadap media serta deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validitas dan kepraktisan media. Hasil penelitian ini adalah produk media E-MAP dengan persentase validasi ahli media mencapai 100% dengan kriteria “sangat valid” dan validasi ahli materi mencapai 82% dengan kriteria “sangat valid”. Setelah itu, dilakukan uji coba kepraktisan media kepada siswa SMP Negeri 17 Batam dengan persentase mencapai 91% dengan kriteria “sangat praktis” untuk kelompok kecil dan 90% dengan kriteria “sangat praktis” untuk kelompok besar. Penelitian ini dapat dijadikan acuan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari media E-MAP dan juga dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan multimedia lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 04:29 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 04:29 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5793 |
Actions (login required)
View Item |