Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DAN STRATEGI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X DI MAN BINTAN

SILFA, NOVRITA and Pardi, Hilfi and Fitriani, Rita (2023) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DAN STRATEGI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X DI MAN BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
NOVRITA SILFA_160384204033_Pendidikan Kimia -COVER.pdf - Published Version

Download (896kB)
[img] Text (ABSTRAK)
NOVRITA SILFA_160384204033_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1)
NOVRITA SILFA_160384204033_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
NOVRITA SILFA_160384204033_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
NOVRITA SILFA_160384204033_Pendidikan Kimia - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pembelajaran daring adalah bentuk pembelajaran yang diterapkan selama pandemi Covid-19. Pembalajaran daring merupakan pengalaman bagi guru juga peserta didik di MAN Bintan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan guru dan strategi yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran daring pada mata pelajaran kimia disalah satu MAN yang berada di Bintan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang diahadapi oleh guru mata pelajaran kimia di MAN Bintan pada pembelajaran daring adalah peralatan elektronik yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran daring seperti gawai, laptop, dan komputer karena tidak semua guru memiliki perangkat komputer yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran daring. Permasalahan lainnya adalah terkait koneksi internet yang tidak stabil yang dimiliki oleh guru. Kemudian rendahnya kemampuan guru dalam mengoperasikan software atau aplikasi yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran daring seperti zoom meeting, google meet dan lain sebagainya. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran kimia di MAN Bintan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran daring sesuai dengan anjuran dan arahan dari kepala sekolah. Guru menyiapkan perangkat pembelajaran daring mulai dari perencanaan, bahan ajar, materi, media, serta yang lainnya. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran kimia di MAN Bintan adalah dengan metode presentasi dan diskusi. Media yang digunakan oleh guru mata pelajaran kimia di MAN Bintan dalam pembelajaran daring lebih memanfaatkan teknologi yang ada seperti mengguakan ppt interaktif, video interaktif, dan foto.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDPardi, HilfiNIP.198906012019031013
UNSPECIFIEDFitriani, RitaNIP.199110042019032023
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 660 - 669 Chemical Engineering and Related Technologies (Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:21
Last Modified: 09 Aug 2023 08:21
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5807

Actions (login required)

View Item View Item