PAISHAL, M. and Andheska, Harry and Kurmalasari, Tety (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf - Published Version Download (363kB) |
|
Text (Abstrak)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (BAB I)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_BAB I.pdf - Published Version Download (111kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (154kB) |
|
Text (Full Teks)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Teks.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan sebuah metode pembelajaran yaitu metode contectual teaching and learning (CTL) dimana metode ini dibantu dengan bahan ajar E-LKPD terhadap kemahiran menulis teks prosedur siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini berupa kemahiran menulis teks prosedur siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran contectual teaching and learning berbantuan bahan ajar E-LKPD di SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Sumber data penelitian adalah hasil kemahiran menulis pretest dan posttest peserta didik yang diberi perlakuan berupa metode contectual teaching and learning berbantuan E-LKPD dan tidak diberikan perlakuan. Adapun subjek peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 28 orang dengan 2 pertemuan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode contectual teaching and learning berbantuan E-LKPD terhadap kemahiran menulis teks prosedur, yang ditunjukkan dengan hasil uji paired samples t-test dengan nilai uji t sebesar -8,558 dengan taraf signifikansi 5% menujukkan hasil signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000, sehingga dapat diketahui bahwa hasil p-value 0,000<0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemahiran menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 400. Bahasa > 411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:52 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:52 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5808 |
Actions (login required)
View Item |