Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH PENGGUNAAN METODE CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TANJUNGPINANG

PAISHAL, M. and Andheska, Harry and Kurmalasari, Tety (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (Abstrak)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (BAB I)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_BAB I.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Full Teks)
M_PAISHAL_180388201026_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Teks.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan sebuah metode pembelajaran yaitu metode contectual teaching and learning (CTL) dimana metode ini dibantu dengan bahan ajar E-LKPD terhadap kemahiran menulis teks prosedur siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini berupa kemahiran menulis teks prosedur siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran contectual teaching and learning berbantuan bahan ajar E-LKPD di SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Sumber data penelitian adalah hasil kemahiran menulis pretest dan posttest peserta didik yang diberi perlakuan berupa metode contectual teaching and learning berbantuan E-LKPD dan tidak diberikan perlakuan. Adapun subjek peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 28 orang dengan 2 pertemuan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode contectual teaching and learning berbantuan E-LKPD terhadap kemahiran menulis teks prosedur, yang ditunjukkan dengan hasil uji paired samples t-test dengan nilai uji t sebesar -8,558 dengan taraf signifikansi 5% menujukkan hasil signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000, sehingga dapat diketahui bahwa hasil p-value 0,000<0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemahiran menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDAndheska, HarryNIP.198704032014041001
UNSPECIFIEDKurmalasari, TetyNIP.19890109842022001
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
400. Bahasa > 411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:52
Last Modified: 09 Aug 2023 07:52
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5808

Actions (login required)

View Item View Item