Ranti Purnamasari, Eka and Eka Kusuma Hindrasti, Nur and Oprasmasi, Elfa (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Eka Ranti Purnamasari_160384205002_Pendidikan Biologi_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
EKA RANTI PURNAMASARI_160384205002_Pendidikan Biologi_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (33kB) |
|
Text (BAB I)
EKA RANTI PURNAMASARI_160384205002_Pendidikan Biologi_BAB I.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
EKA RANTI PURNAMASARI_160384205002_Pendidikan Biologi_DAFTAR PUSTAKA1.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
Text (FULLTEXT)
Eka Ranti Purnamasari_160384205002_Pendidikan Biologi_Full Teks (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Purnamasari, E. R. 2023. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII. Skripsi. Tanjungpinang. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assist. Prof. Nur Eka Kusuma Hindrasti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Assist. Prof. Elfa Oprasmani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Pencemaran Lingkungan, PjBL Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis project-based learning pada materi pencemaran lingkungan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan tiga dari empat tahapan model 4D yaitu define, design dan develop. Pada tahap define (pendefinisian) dilakukan analisis awal, analisis kurikulum, analisis materi, analisis peserta didik. Pada tahap design (pengembangan) dilakukan pemilihan sumber ajar, penyusunan modul, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap develop (pengembangan) dilakukan validasi oleh validator materi dan media serta uji praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis project-based learning pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas VII yang dikembangkan valid,praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2023 04:33 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2023 04:33 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5898 |
Actions (login required)
View Item |