ELVIRA YULIANI, NESYA and Oprasmani, Elfa and Fernando, Adam (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI BERMUATAN MIND-MAPPING PADA MATERI INVERTEBRATA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (BAB 1)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Pendidikan Biologi_BAB 1.pdf - Published Version Download (68kB) |
|
Text (COVER)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version Download (407kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
Text (ABSTRAK)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Penididikan Biologi_ABSTRAK.pdf - Updated Version Download (187kB) |
|
Text (FULL TEKS)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Pendidikan Biologi_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran biologi bermuatan Mind Mapping pada materi invertebrata untuk pembelajaran IPA Kelas X SMK /SMA yang valid, efektif, serta praktis. Penelitian ini ialah jenis penelitian serta pengembangan dengan memakai model pengembangan 4D. Penelitian ini dilaksanakan lewat 4 tahap ialah: Define, Design, Develop, serta Disseminate. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan video bermuatan Mind-mapping pada materi invertebrata kelas X SMA/SMK diperoleh rata-rata dengan hasil validasi ahli media sejumlah 92,5% dikategori “sangat valid” serta hasil validasi oleh ahli materi menghasilkan rata-rata 92,18% dikategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas oleh pendidik menghasilkan rata-rata sejumlah 95,8% dikategori “sangat praktis”, serta uji praktikalitas peserta didik memperoleh rata-rata sejumlah 92,6% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penilaian efektivitas lewat perhitungan N-Gain score sejumlah 0,76 pada penilaian kognitif dengan kriteria peningkatan “Tinggi”. Dari hasil yang didapat bisa disimpulkan, pengembangan video bermuatan Mind-mapping pada materi invertebrata kelas X SMA/SMK dinyatakan valid, praktis serta efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran hingga bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2023 02:14 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2023 02:14 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5903 |
Actions (login required)
View Item |