Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI BERMUATAN MIND-MAPPING PADA MATERI INVERTEBRATA

ELVIRA YULIANI, NESYA and Oprasmani, Elfa and Fernando, Adam (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI BERMUATAN MIND-MAPPING PADA MATERI INVERTEBRATA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (BAB 1)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Pendidikan Biologi_BAB 1.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (COVER)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (ABSTRAK)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Penididikan Biologi_ABSTRAK.pdf - Updated Version

Download (187kB)
[img] Text (FULL TEKS)
NESYA ELVIRA YULIANI_160384205045_Pendidikan Biologi_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran biologi bermuatan Mind Mapping pada materi invertebrata untuk pembelajaran IPA Kelas X SMK /SMA yang valid, efektif, serta praktis. Penelitian ini ialah jenis penelitian serta pengembangan dengan memakai model pengembangan 4D. Penelitian ini dilaksanakan lewat 4 tahap ialah: Define, Design, Develop, serta Disseminate. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan video bermuatan Mind-mapping pada materi invertebrata kelas X SMA/SMK diperoleh rata-rata dengan hasil validasi ahli media sejumlah 92,5% dikategori “sangat valid” serta hasil validasi oleh ahli materi menghasilkan rata-rata 92,18% dikategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas oleh pendidik menghasilkan rata-rata sejumlah 95,8% dikategori “sangat praktis”, serta uji praktikalitas peserta didik memperoleh rata-rata sejumlah 92,6% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penilaian efektivitas lewat perhitungan N-Gain score sejumlah 0,76 pada penilaian kognitif dengan kriteria peningkatan “Tinggi”. Dari hasil yang didapat bisa disimpulkan, pengembangan video bermuatan Mind-mapping pada materi invertebrata kelas X SMA/SMK dinyatakan valid, praktis serta efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran hingga bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorOprasmani, ELFANIP. 199008122018032001
ContributorFernando, AdamNIP. 199109052019031007
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:14
Last Modified: 11 Aug 2023 02:14
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item