RIDWAN, PANI and Izzati, Nur and Febrian, Febrian (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI INTEGRAL KELAS XI SMK BERBANTUAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
PANI RIDWAN_160384202041_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (607kB) |
|
Text (Abstrak)
PANI RIDWAN_160384202041_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (42kB) |
|
Text (BAB I)
PANI RIDWAN_160384202041_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
PANI RIDWAN_160384202041_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf Download (193kB) |
|
Text (Full Teks)
PANI RIDWAN_160384202041_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan yang mewajibkan siswa melaksanakan Prakerin pada masa proses belajar kelas XI semester genap tidak didukung dengan adanya bahan ajar mandiri yang memadai. Perkembangan pendidikan yang beriringan dengan perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pada bidang teknologi. Namun dalam pelaksanaannya, pemanfaatan teknologi tersebut masih belum maksimal khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan E-modul Materi Integral Kelas XI SMK berbantuan software Flip PDF Professional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development (R&D) yang mengacu pada model 4D dengan pembatasan hingga tahap define(pendefinisian), design(desain), dan develop(Pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu menggunakan angket. Instrumen yang dipersiapkan untuk mendukung pengumpulan data yaitu lembar validasi yang ditujukan kepada para ahli dalam bidangnya dan lembar praktikalitas. Teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif yang dianalisis melalui angket. Data yang diperoleh oleh peneliti yaitu data kualitatif yang kemudian akan ditransformasikan menjadi data kuantitatif jenis skala interval dengan Method of Summated Ratings (MSR). Hasil validasi ahli materi 85% pada kategori sangat valid, hasil validasi ahli media 75% pada kategri valid dan praktikalitas 79% pada kategori praktis. Hasil validasi dan praktikalitas yang telah dilakukan oleh masing-masing validator dan juga praktisan menunjukkan bahwa e-modul materi integral yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2023 02:05 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2023 02:05 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5986 |
Actions (login required)
View Item |