SALIM, AFREDO and Elfitra, Legi and Wahyusari, Ahada (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KRITIK MEMBANGUN DALAM MATERI PEMBELAJARAN MENULIS KRITIK SASTRA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
AFREDO SALIM_190388201010_PBSI_COVER.pdf - Published Version Download (821kB) |
|
Text (ABSTRAK)
AFREDO SALIM_190388201010_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (BAB 1)
AFREDO SALIM_190388201010_PBSI_BAB 1.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
AFREDO SALIM_190388201010_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (269kB) |
|
Text (FULL TEKS)
AFREDO SALIM_190388201010_PBSI_ FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kritik membangun yang merupakan media pembelajaran berbasis digital dalam materi kritik sastra siswa kelas XII SMA Negeri 5 Tanjungpinang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D dengan beberapa tahapan seperi pendefinisian (define), tahap perencanaan (disign) dan tahap pengembangan (develop). Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini berupa media digital yang digunakan menggunakan jaringan nirkabel dengan memanfaatkan gawai, computer, computer jinjing dan tablet. Media pembelajaran kritik membangun juga memiliki berbagai ruang yang berguna untuk mempelajari materi kritik sastra seperti gim, tugas, buju, saran, video, dan saran. Pengembangan ini juga dilakukan tahap validasi yang dilakukan kepada tiga validator yaitu validator bahasa, meateri, dan media. Lalu dilakukan tahap kepraktisan yang dilakukan kepada siswa dengan kelompok kecil enam siswa dan kelompok besar 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran angket kepraktisan dan validitas. Lalu didapatkan hasil validasi media oleh ahli materi mencapai 82,22% dengan kualifikasi sangat valid, validasi media oleh ahli media sebesar 80% dengan kualifikasi valid dan validasi media oleh ahli bahasa sebesar 86,6% dengan kualifikasi valid. Selanjutnya, didapatkan juga nilai hasil kepraktisan media oleh kelompok kecil sebesar 90,3% dengan kualifikasi sangat praktis. selain itu, hasil kepraktisan media oleh kelompok besar mencapai 93%. Penjabaran hasil di atas dapat dijadikan penelitian lanjutan atau referensi bagi penelitian selanjutnya mengenai media kritik membangun.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2023 04:20 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2023 04:20 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5987 |
Actions (login required)
View Item |