Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH BLINDFOLD GAME MEDIA FOR STUDENTS 10th GRADE AT SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG

NABILLA PUTRI, RAJA LISDA and Nopita, Dewi and Agust, Satria (2023) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH BLINDFOLD GAME MEDIA FOR STUDENTS 10th GRADE AT SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Raja Lisda Nabilla Putri_180388203032_Pendidikan Bahasa Inggris_Cover.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (Abstrak)
Raja Lisda Nabilla Putri_180388203032_Pendidikan Bahasa Inggris_Abstrak.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (BAB 1)
Raja Lisda Nabilla Putri_180388203032_Pendidikan Bahasa Inggris_BAB 1.pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Raja Lisda Nabilla Putri_180388203032_Pendidikan Bahasa Inggris_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (574kB)
[img] Text (Full Teks)
Raja Lisda Nabilla Putri_180388203032_Pendidikan Bahasa Inggris_Full Teks.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Nabilla Putri Raja Lisda. 2023. Improving Students’ Speaking Skill through Blindfold Game Media for Students 10th Grade at SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Skripsi. Tanjungpinang: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assisst, Prof. Dewi Nopita, S.S., M.Pd. Pembimbing II: Assisst. Prof. Satria Agust, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Blindfold game media, Keahlian berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah utuk mengetahui apakah blindfold game media dapat memperbaiki kemampuan berbicara siswa (dalam bahasa Inggris) dan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan dari teknik tesebut meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini diselenggarakan di SMA Negeri 2 Tanjungpinang siswa kelas 10 yang terdiri dari 36 siswa. Dalam mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam berbicara yang dihadapi oleh siswa, peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian tindakan yang digunakan adalah model Kemmis McTaggart dimana dalam setiap siklusnya terfiri dari empat fase; perencanaan, pelaksanaan pngamatan dan refleksi. Untuk mendukung hasil dari penelitian ini, peneliti mengumpulkan dua macam data, yaitu data kualitatif merupakan data yang diperoleh dari hasil interview dan observasi terhadap siswa dan guru yang bersangkutan. Dan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil test yaitu pre-test dan post-test. Kemudian data-data tersebut dianalisa dengan menggunakan analisis deskripsi dan analisis secara statistic untuk mengetahui hasil akhir penerapan blindfold game media terhadap pembelajaran Bahasa Inggris dalam Penelitian Tindakan Kelas tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan blindfold game media terhadap pembelajaran Bahasa Inggris khususnya keahlian berbicara siswa efektif atau cukup bagus. Hal ini dibuktikan dari beberapa data yang diperoleh, Pertama; data hasil interview dan observasi dimana para siswa termotivasi dan tertarik untuk mempelajari Bahasa Inggris. Kedua; data dari hasil tes yang terdiri dari tiga macam tes, yakni pre-test, post-test siklus pertama dan post-test siklus kedu. Pada tes pertama (pre-test), jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal >75 adalah 13 dari 36 siswa (36.11%). Pada tes kedua (post-test I), siswa yang mendapat nilai diatas 75 atau memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebanyak 18 dari 36 siswa (50%). Pada tes ketiga (post-test II) siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal 75 sebanyak 31 dari 36 siswa (86.11%). Berdasarkan data tersebut, artinya 31 dari 36 siswa memenuhi criteria yang ditentukan dan penelitian ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorNopita, DewiNIP.198201232014042001
ContributorAgust, SatriaNIP.198008182015041001
Subjects: 400. Bahasa > 411.52 Spelling/Ejaan dan Ucapan
400. Bahasa > 415 Grammar, Sentences, Syntax, Word Order/Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata
400. Bahasa > 420. Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: user bahasa inggris
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:49
Last Modified: 14 Aug 2023 03:49
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6125

Actions (login required)

View Item View Item