Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

STRATEGI BERDAGANG PARA PEDAGANG JAMU DI KOTA TANJUNGPINANG

RUDES, ARIMA and Suryaningsih, Suryaningsih and Teguh, Setiandika Igiasi (2019) STRATEGI BERDAGANG PARA PEDAGANG JAMU DI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Salah satu pekerjaan informal yang di lakukan oleh para pendatang yaitu penjual jamu gendong yang umumnya berasal dari luar kota Jawa. Pedagang jamu yang ada di kota Tanjungpinang kebanyakan datang dari pulau Jawa seperti Jawa Tengah, Solo, Sragen dan daerah jawa lainnya, mereka datang ke Tanjungpinang bersama keluarganya seperti suami dan anak-anaknya, merantau untuk merubah nasib. Dalam strategi penjualan jamu gendong agar bisa bertahan diwujudkan dalam tindakan sosial yang dalam arti dilakukan oleh pedagang itu sendiri. Fenomena yang terjadi adalah para pedagang jamu keliling kesulitan dalam mengembangkan usahanya, mereka akan terus menjual jamu keliling karena tidak memiliki modal hal ini disebabkan kecil nya keuntungan kemudian adanya persaingan dengan jamu kemasan. Tujuan dalam penelitia ini yaitu untuk menggambarkan Strategi Berdagang Para Pedagang Jamu Di Kota Tanjungpinang. Pembahasan dalam skripsi ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, Informan yang dipilih adalah 9 orang dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pedagang jamu memiliki strategi atau cara berdagang sendiri untuk tetap bisa berjualan dan tidak kehilangan pelanggannya, Strategi yang pertama adalah kebanyakan tukang jamu memiliki keahlian mengetahui penyakit dan obat untuk pelanggannya, kemudian ada pedagang jamu yang tidak hanya berjualan jamu tetapi memberikan pelayanan lainnya seperti memberikan pijatan jika pelanggannya merasa sakit kaki, tangan,pusing atau pegal-pegal, pedagang jamu akan menjelaskan tentang manfaat jamu yang di jual secara rinci kemudian membangun hubungan yang baik dengan para pedagang jamu lainnya, kemudian mendatangi langsung tempat-tempat keramaian untuk menjajakan dagangannya, seperti pasar, sekolahan dan perumahan-perumahan Kata Kunci : Strategi Berdagang, Pedagang Jamu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 18 Jul 2021 15:02
Last Modified: 18 Jul 2021 15:02
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item