ALAMSYAH, NURHALIM and Kurnianingsih, Fitri and Putra, Ardi (2023) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN TANJUNG UNCANG KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
NURHALIM_ALAMSYAH_190565201121_Ilmu Pemerintahan - Cover.pdf - Published Version Download (594kB) |
|
Text (Abstrak)
NURHALIM_ALAMSYAH_190565201121_Ilmu Pemerintahan - Abstrak.pdf - Published Version Download (151kB) |
|
Text (BAB I)
NURHALIM_ALAMSYAH_190565201121_Ilmu Pemerintahan - BAB I.pdf - Published Version Download (300kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
NURHALIM_ALAMSYAH_190565201121_Ilmu Pemerintahan - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (Full Teks)
NURHALIM_ALAMSYAH_190565201121_Ilmu Pemerintahan - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Disetiap daerah masih banyak ditemukan kualitas pelayanan yang belum maksimal. Mulai dari prosedur pelayanan terkait administrasi, yaitu surat permohonan pengantar kartu penduduk, surat permohonan kartu keluarga, surat permohan kepemilikan usaha, surat pengantar perkawinan dan lainnya. Salah satunya berada di Kelurahan Tanjung Uncang Kota Batam. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan maka kelurahan Tanjung Uncang mengusulkan call center yaitu Sistem Informasi Pelayanan Tanjung Uncang (SIPTU) guna memudahkan masyarakat untuk menanyakan dan memastikan kembali dokumen pribadi yang belum lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dikelurahan Tanjung Uncang Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan Oleh Parasuraman, Zeithamil, dan Berry. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kelurahan Tanjung Uncang Kota Batam belum memenuhi harapan masyarakat dalam melaksanakan pelayanan terkait dengan sarana dan prasarana karena masih kurangnya perlengkapan ruangan seperti ruang yang belum terkomputerisasi yang mengakibatkan petugas pelayanan terkendala dalam mendata setiap pengurusan dan penerimaan pelayanan, kemudian belum adanya pendingin ruangan di ruang tunggu Kelurahan Tanjung Uncang yang mana pendingin ruangan tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang menunggu antrian. Selanjutnya tidak dipasangnya papan informasi di Kelurahan Tanjung Uncang yang tujuannya untuk mengetahui prosedur dalam mengurus setiap pelayanan. Sudah seharusnya Kelurahan Tanjung Uncang memaksimalkan prosedur pelayanan dan juga fasilitas ruangan agar segala harapan masyarakat terkait pelayanan dapat terpenuhi sehingga tercapainya kualitas pelayanan publik. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan | |||||||||
Depositing User: | user ilmupemerintahan | |||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2023 03:03 | |||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 03:03 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6213 |
Actions (login required)
View Item |