MISFALAH, MASRI DAYU and Samin, Rumzi and Setiawan, Ramadhani (2023) Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada UPT Puskesmas Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Kecamatan Buru Kabupaten Karimun. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Masri Dayu Misfalah_190563201002_Ilmu Administrasi Negara - Cover.pdf - Published Version Download (636kB) |
|
Text (Abstrak)
Masri Dayu Misfalah_190563201002_Ilmu Administrasi Negara - Abstrak.pdf - Published Version Download (29kB) |
|
Text (BAB 1)
Masri Dayu Misfalah_190563201002_Ilmu Administrasi Negara - BAB 1.pdf - Published Version Download (114kB) |
|
Text (Daftar Referensi)
Masri Dayu Misfalah_190563201002_Ilmu Administrasi Negara - Daftar Referensi.pdf - Published Version Download (90kB) |
|
Text (Full teks)
Masri Dayu Misfalah_190563201002_Ilmu Administrasi Negara - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kesehatan adalah kebutuhan utama bagi masyarakat. semua orang menginginkan hidup sehat karena kesehatan dianggap sangat berharga dan mahal. salah satu aspek yang perlu ditingkatkan adalah pelayanan kesehatan. pelayanan kesehatan adalah tanggung jawab dan bagian dari fungsi administrasi negara. kualitas pelayanan di UPT Puskesmas Buru Kabupaten Karimun masih perlu ditingkatkan, untuk mencapai pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Permasalahan yang terjadi yaitu diantarana fasilitas yang belum memadai, mutu pelayanan seadanya, dan terdapat keluhan masyarakat mengenai jam operasional hanya hingga pukul 2 siang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari UPT Puskesmas Buru Kabupaten Karimun, dokumen-dokumen, dan peraturan-peraturan terkait dengan masalah yang akan diteliti. Hasil Penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan pada UPT Puskesmas Buru masih belum sepenuhnya optimal dalam meningkatkan kepuasan masyarakat Kecamatan Buru sebagai penerima layanan. sesuai dengan hasil penelitian yang dimuat dalam beberapa indikator teori yang digunakan yaitu teori Parasuraman et. al (1985) dalam Handi Irawan (2002) mengenai Kualitas Pelayanan antara lain 1) Bukti langsung (Tangible), 2) kehandalan (Reability), 3) daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), dan empati (Empathy). penelitian ini sudah menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi namun tidak didukung, maka upaya yang harus dilakukan oleh pihak yang terkait untuk meningkatkan lagi status UPT Puskesmas Buru dari berbagai segi pelayanan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.14 Local Administration, Provinces/Administrasi Lokal, Provinsi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2023 01:24 | |||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 01:24 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6268 |
Actions (login required)
View Item |