NISA', DWI UTARI KHAIRUN and Poti, Jamhur and Okparizan, Okparizan (2023) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN E-TILANG TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS DI POLRESTA BARELANG KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
DWI UTARI KHAIRUN NISA'_190563201036_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf - Published Version Download (741kB) |
|
Text (Abstrak)
DWI UTARI KHAIRUN NISA'_190563201036_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version Download (432kB) |
|
Text (BAB I)
DWI UTARI KHAIRUN NISA'_190563201036_Ilmu Administrasi Negara_BAB I.pdf - Published Version Download (592kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DWI UTARI KHAIRUN NISA'_190563201036_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (561kB) |
|
Text (Full Teks)
DWI UTARI KHAIRUN NISA'_190563201036_Ilmu Administrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Di Kota Batam sudah sering terjadi pelanggaran lalu lintas. Oleh karena itu adanya program E-Tilang yang merupakan penilangan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi sistem E-Tilang dalam menangani permasalahan lalu lintas di Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan 6 indikator dari teori van meter dan van horn. Hasil penelitian ini dilihat dari a) Standar dan sasaran kebijakan e-tilang adalah mempermudah masyarakat dalam hal pembayaran dan pengambilan barang bukti yang ditilang, serta memudahkan masyarakat untuk tidak perlu hadir ke persidangan.b) Sumber Daya, untuk sumber daya telah mendapatkan pelatihan penerapan program e-tilang disatuan lalu lintas sehingga petugas sudah memahami penerapannya,namun persoalannya terletak pada sumber daya teknologi, dimana akses lamban atau tidak ada jaringan c) Karakteristik Badan Pelaksana, untuk karakteristik badan pelaksana telah mengikuti SOP selama menjalankan tugasnya. d) Komunikasi, komunikasi kepolisian dengan pengadilan telah berjalan dengan baik namun sosialisasi antara kepolisiaan dan masyarakat masih kurang maksimal, hal ini ditemukan masyarakat yang belum mengetahui kebijakan program e-tilang ini. e) Sikap (disposisi) pelaksana, tanggapan dari petugas maupun masyarakat cukup mendukung penerapannya karena dengan adanya e-tilang mempermudah segala pihak baik itu dari masyarakat yang ditilang maupun petugas yang menindak di lapangan. f) Kondisi Ekonomi, Sosial dan Politik, kondisi ekonomi masyarakat yang berbeda tidak cukup mempengaruhi denda tilang yang dijatuhkan ke masyarakat. Dari segi sosial, tingkat pelanggaran dan kepatuhan di Batam sudah cukup baik dengan adanya e-tilang, hal ini sejalan dengan denda tilang yang cukup besar sehingga menciptakan masyarakat yang mulai tertib meskipun pelanggaran masih tetap ada. Dari segi politik, berkurangnya penyelewengan-penyelewengan yang sering terjadi dalam mekanisme manual sebelumnya. Kata kunci : Implementasi, E-Tilang, Lalu Lintas.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 01:29 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 01:29 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6363 |
Actions (login required)
View Item |