Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

INOVASI PELAYANAN M-PASPOR DALAM PROSES PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS II BELAKANG PADANG KOTA BATAM

MELLEYUANDITA ANNISA, GRAVELA and Arianto, Bismar and Anggria Pratama, Ryan (2023) INOVASI PELAYANAN M-PASPOR DALAM PROSES PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS II BELAKANG PADANG KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
GRAVELA_MELLEYUANDITA_ANNISA_190565201033_Ilmu Pemerintahan - Cover.pdf - Published Version

Download (824kB)
[img] Text (Abstrak)
GRAVELA_MELLEYUANDITA_ANNISA_190565201033_Ilmu Pemerintahan - Abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (Bab 1)
GRAVELA_MELLEYUANDITA_ANNISA_190565201033_Ilmu Pemerintahan - Bab 1.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
GRAVELA_MELLEYUANDITA_ANNISA_190565201033_Ilmu Pemerintahan - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Full Teks)
GRAVELA_MELLEYUANDITA_ANNISA_190565201033_Ilmu Pemerintahan - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik salah satu SPBE dan merupakan inovasi dari Direktorat Jenderal Imigrasi ialah layanan pembuatan paspor online yang dulu bernama APAPO dan kini bernama M-Paspor. Aplikasi M-Paspor merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk pengajuan permohonan paspor baru dan penggantian paspor secara online. Studi ini mengkaji penerapan inovasi penggunaan aplikasi M-Paspor dalam proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang Kota Batam dalam masa transisi dari layanan Walk-In ke M-Paspor terdapat kendala. Terdapat kesalahan dalam mengisi data diri pemohon, pembayaran hangus ditolak, tidak melakukan pembayaran tepat waktu. Sering terjadinya gangguan terhadap jaringan pada antrian paspor online dikarenakan permintaan masyarakat di tiap bulannya yang mencapai ratusan paspor sehingga membutuhkan pembaharuan kualitas sistem. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan Inovasi Pelayanan M-Paspor Dalam Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang Kota Batam. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori indikator inovasi pelayanan menurut Rogers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan melalui aplikasi online M-Paspor dalam proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang Kota Batam sudah diterapkan. Aplikasi M-Paspor memiliki keunggulan dan kemudahan yang dirasakan oleh masyarakat melalui kesesuaian fitur yang diberikan, namun belum berjalan secara optimal sepenuhnya dikarenakan masih terdapatnya kendala yang dihadapi mengenai tingkat kualitas jaringan dan sistem. Sehingga masih memerlukan pemeliharaan rutin dan tingkatkan aplikasi secara berkala. Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan, M-Paspor, Imigrasi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorArianto, BismarNIDN.1029058002
ContributorAnggria Pratama, RyanNIDN.0020129206
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: user ilmupemerintahan
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:29
Last Modified: 14 Aug 2023 06:29
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item View Item