NASUTION, MAYA RIFQI and Arieta, Siti and Sri, Wahyuni (2023) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS YANG BERPRESTASI DI SLB NEGERI 1 TANJUNGPINANG TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
MAYA RIFQI NASUTION_190569201049_SOSIOLOGI_COVER.pdf - Published Version Download (491kB) |
|
Text (Abstrak)
MAYA RIFQI NASUTION_190569201049_SOSIOLOGI_Abstrak.pdf - Published Version Download (305kB) |
|
Text (BAB I)
MAYA RIFQI NASUTION_190569201049_SOSIOLOGI_BAB I.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DEWI ASRIANINGSIH_190563201064_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (448kB) |
|
Text (Full Teks)
MAYA RIFQI NASUTION_190569201049_SOSIOLOGI_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pola asuh merupakan metode atau cara untuk mendidik, mengasihi dan memfasilitasi anak dengan upaya untuk membentuk jati diri anak. Setiap orang tua tentu memliki perbedaan dalam memberi pengasuhan, Pola asuh orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus memiliki beragam perbedaan, didalam perbedaan tersebut diperlukan pola asuh yang tepat sesuai kebutuhan anak terutama pada anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk pola asuh serta motivasi yang digunakan orang tua kepada anak berkebutuhan khusus hingga menjadi anak yang berprestasi di SLB Negeri 1 Tanjungpinang Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah berupa pada data observasi, wawancara serta dokumentasi. Data hasil wawancara terstruktur didapatkan berdasarkan pedoman wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Struktur Fungsional dari Talcot Parson. Pola asuh terdiri tiga kategori yakni pola asuh otoriter yang orang tua bertindak keras terhadap anak dengan mengontrol tingkah laku anak secara ketat, memberikan hukumam jika anak melakukan kesalahan hingga anak kurang bertanggung jawab dan menjadi ketergantungan pada orang tua, pola asuh permisif adalah orang tua membiarkan anak untuk bertindak sesuai keingininanya hingga tidak adanya hukuman dan pengendalian, orang tua memberikan kebebasan tanpa batas dan terakhir pola asuh demokratis, yakni orang tua memberi kebebasan pada anak dalam keinginanya untuk memilih pilihannya dengan bimbingan dan arahan orang tua sehingga anak tidak dilepas begitu saja. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua pada anak berkebutuhan khusus dalam penerapan pola asuhnya menggunakan pendekatan yang demokratis karena anak diberi kebebasan, tidak ada paksaan dan keegoisan orang tua kepada anak hingga anak lebih optimal dalam memilih kemampuannya dalam berprestasi di SLB Negeri 1 Tanjungpinang Timur. Kata Kunci : Pola asuh, orang tua, anak berkebutuhan khusus, prestasi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 302.2 Communication/Komunikasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi | |||||||||
Depositing User: | user sosiologi | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 01:29 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:29 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6390 |
Actions (login required)
View Item |