PANGGABEAN, RUTH KRISTINA and Kurnianingsih, Fitri and Subiyakto, Rudi (2023) INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) KOTA TANJUNG PINANG DALAM MENINKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Cover.pdf - Published Version Download (669kB) |
|
Text (Abstrak)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Abstrak.pdf Download (20kB) |
|
Text (Bab 1)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Bab 1.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (238kB) |
|
Text (Full Text)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya inovasi pelayanan publik ini bisa dilihat asal beberapa penelitian yang dilakukan sebelumnya terhadap penemuan pelayanan publik di beberapa wilayah di Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Mekanisme dan Bentuk Birokrasi Negara (KEMENPANRB) melakukan salah satu inovasi terbaru dalam penyelenggaraan pelayanan prima yaitu pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) dari terbitnya Permenpan RB Nomor 23 Tahun 2017 . oleh Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penyebaran data sebanyak 5 informan. Penelitian ini menggunakan teori rogers dalam (yogi sumarno 2008:17). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 33 instansi dan 152 layanan BUMN dan BUMD Nilai kebaharuan dari MPP contohnya OSS, Tanda Tangan digital dan MPP inovasi baru yaitu tempat nikah nilai positif dari MPP beberapa layanan dalam satu tempat ijin kependudukan dan ijinkesehatan simpege, ktp digital, sicantik, npwp digital dan bpjs digital Efektif dan efisien Persyaratan dipermudah layanan online yang mudah dan cepat serta transparan terkendala SDM serta sarana dan prasarana anggaran yang pas-pasan MPP diketahui oleh banyak orang dari social media dan dari mulut ke mulut straegi promosi. Kesimpulan Mal Pelayanan Publik (MPP) TanjungPinang sudah berjalan optimal,efektif dan partisipasi masyarakat pun sudah baik namun masih ada terkendala dari segi SDM dan sarana yang belum memadai. Saran pihak DPMPTSP ditambah lagi sarana yang seharusnya kemudian melakukan koordinasi dengan instansi yang terkait di MPP tersebut
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 01:53 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:53 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6393 |
Actions (login required)
View Item |