Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) KOTA TANJUNG PINANG DALAM MENINKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

PANGGABEAN, RUTH KRISTINA and Kurnianingsih, Fitri and Subiyakto, Rudi (2023) INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) KOTA TANJUNG PINANG DALAM MENINKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Cover.pdf - Published Version

Download (669kB)
[img] Text (Abstrak)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text (Bab 1)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Bab 1.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Full Text)
Ruth Krisina.P_190563201007_Ilmu Administrasi Negara-Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pentingnya inovasi pelayanan publik ini bisa dilihat asal beberapa penelitian yang dilakukan sebelumnya terhadap penemuan pelayanan publik di beberapa wilayah di Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Mekanisme dan Bentuk Birokrasi Negara (KEMENPANRB) melakukan salah satu inovasi terbaru dalam penyelenggaraan pelayanan prima yaitu pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) dari terbitnya Permenpan RB Nomor 23 Tahun 2017 . oleh Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penyebaran data sebanyak 5 informan. Penelitian ini menggunakan teori rogers dalam (yogi sumarno 2008:17). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 33 instansi dan 152 layanan BUMN dan BUMD Nilai kebaharuan dari MPP contohnya OSS, Tanda Tangan digital dan MPP inovasi baru yaitu tempat nikah nilai positif dari MPP beberapa layanan dalam satu tempat ijin kependudukan dan ijinkesehatan simpege, ktp digital, sicantik, npwp digital dan bpjs digital Efektif dan efisien Persyaratan dipermudah layanan online yang mudah dan cepat serta transparan terkendala SDM serta sarana dan prasarana anggaran yang pas-pasan MPP diketahui oleh banyak orang dari social media dan dari mulut ke mulut straegi promosi. Kesimpulan Mal Pelayanan Publik (MPP) TanjungPinang sudah berjalan optimal,efektif dan partisipasi masyarakat pun sudah baik namun masih ada terkendala dari segi SDM dan sarana yang belum memadai. Saran pihak DPMPTSP ditambah lagi sarana yang seharusnya kemudian melakukan koordinasi dengan instansi yang terkait di MPP tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorKurnianingsih, FitriNIDN.0016038702
ContributorSubiyakto, RudiNIDN.1016127402
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:53
Last Modified: 16 Aug 2023 01:53
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6393

Actions (login required)

View Item View Item