Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EFEKTIVITAS PELAYANAN LOKA POM TANJUNG PINANG DALAM MEMBANTU KONSUMEN MEMILIH KOSMETIK YANG AMAN MELALUI APLIKASI BPOM MOBILE

SIAHAAN, DEWI ZEFANYA and Kurnianingsih, Fitri and Setiawan, Ramadhani (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN LOKA POM TANJUNG PINANG DALAM MEMBANTU KONSUMEN MEMILIH KOSMETIK YANG AMAN MELALUI APLIKASI BPOM MOBILE. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
DEWI_ZEFANYA_SIAHAAN_190563201058_IAN-Cover.pdf - Published Version

Download (770kB)
[img] Text (Abstrak)
DEWI_ZEFANYA_SIAHAAN_190563201058_IAN-Abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (BAB 1)
DEWI_ZEFANYA_SIAHAAN_190563201058_IAN-BAB 1.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DEWI_ZEFANYA_SIAHAAN_190563201058_IAN-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Full teks)
DEWI_ZEFANYA_SIAHAAN_190563201058_IAN-Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Dalam penelitian ini, yang menjadi permasalahan peneliti ialah mengetahui bagaimana sosialisasi dari Loka POM Di Tanjungpinang untuk membantu masyarakat konsumen supaya memilih produk yang sudah memiliki izin edar guna untuk melindungi konsumen dari kosmetik yang berbahaya dengan memperkenalkan aplikasi Bpom Mobile. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data secara primer dan sekunder serta menggunakan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator pertama yakni Ketepatan sasaran program masih harus menetapkan batasan umur untuk bisa memakai aplikasi Bpom Mobile agar masyarakat bisa mengetahui aturan pemakaian aplikasi Bpom Mobile. Indikator kedua yakni sosialisasi program, Loka Pom Di Tanjungpinang membuat banyak sosialisasi baik untuk masyarakat ,mahasiswa anak sekolah yang membuat materi Bpom Mobile menjadi materi penting disetiap melakukan sosialisasi/penyuluhan bahkan membuka stand untuk menjelaskan aplikasi Bpom Mobile.Indikator ketiga yakni tujuan program, memiliki tujuan agar masyarakat mengetahui bahwa adanya aplikasi yang sangat membantu untuk membeli sebuah produk untuk memastikan apakah produk yang dipakai memiliki izin edar dan aman untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Indikator keempat yakni pemantauan hasil program, Loka POM Di Tanjungpinang melihat bahwa hasil dari program aplikasi Bpom Mobile ini bermanfaat bagi masyarakat walaupun bagi orang yang tidak bisa menggunakan handphone sulit untuk memakai aplikasi Bpom Mobile. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sosialisasi dari Bpom belum efektif karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa adanya aplikasi Bpom Mobile.dan saran dari peneliti yaitu supaya Loka POM tanjungpinang lebih memperbanyak sosialisasi agar masyarakat lebih mengetahui tentang aplikasi Bpom Mobile ini dan menetukkan umur yang cocok dalam penggunaanya

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorKurnianingsih, FitriNIDN.0016038702
ContributorSetiawan, RamadhaniNIDN.1026058301
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:48
Last Modified: 16 Aug 2023 03:48
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6405

Actions (login required)

View Item View Item