MUHAMMAD NOOR ARIF, NAUFAL and Anastasia Wiwik, Swastiwi and Sayed Fauzan, Riyadi (2023) STRATEGI GASTRODIPLOMASI DAN NATIONAL BRANDING KULINER SUMATERA BARAT CHEF WILLIAM WONGSO MELALUI SIARAN NATIONAL GEOGRAPHIC “GORDON RAMSAY: UNCHARTED (SUMATERA’S STUNNING HIGHLAND)” TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Muhammad Noor Arif Naufal_170564201008_Ilmu Hubungan Internasional - Cover.pdf - Published Version Download (723kB) |
|
Text (Abstrak)
Muhammad Noor Arif Naufal_170564201008_Ilmu Hubungan Internasional - Abstrak.pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text (BAB I)
Muhammad Noor Arif Naufal_170564201008_Ilmu Hubungan Internasional - BAB I.pdf - Published Version Download (287kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Muhammad Noor Arif Naufal_170564201008_Ilmu Hubungan Internasional - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (Full Teks)
Muhammad Noor Arif Naufal_170564201008_Ilmu Hubungan Internasional - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi kekayaan kuliner yang luar biasa, dianggap belum maksimal dalam melaksanakan praktik gastodiplomasi bila dibandingkan dengan negara lainnya. Untuk ukuran sebuah negara dengan potensi yang besar dalam hal perkulineran serta peningkatan tren akan minat kuliner asal Asia di dunia, artinya Indonesia perlu meningkatkan kampanye gastrodiplomasi nya dalam dunia global. Dengan datangnya National Geographic bersama dengan chef Multi - Michellin star asal Britania Raya, Gordon Ramsay, memberikan kesempatan bagi Indonesia melalui Chef William Wongso untuk memperkenalkan budaya, kuliner, dan Nation Branding Indonesia melalui Gastrodiplomasi. Penelitian ini mencoba melihat bagaimana strategi gastrodiplomasi Chef William Wongso dalam tayangan “Gordon Ramsay: Uncharted (Sumatera’s Stunning Highland) yang di tayangkan oleh National Geographic Channel kepada Chef Gordon Ramsay dilihat dari Branding Themes, Messages dan Strategies and Tactics. Teori yang akan dipakai adalah Gastrodiplomasi dan Nation Branding sebagai konsepnya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif dengan dengan sumber data dan Teknik pengumpulan data sekunder, dengan tayangan Uncharted (Sumatera’s Stunning Highland) sebagai objeknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Chef William Wongso memanfaatkan potensi kuliner dan kebudayaan Sumatera Barat, termasuk di dalamnya memanfaatkan Rendang sapi, serta bekerja sama dengan berbagai pihak seperti pemerintah Sumatera Barat, jurnalis kuliner seperti Ade Putri Paramadita, dan tentunya dengan pihak National Geographic Channel itu sendiri. Strategi Chef William Wongso berhasil memberikan kesan dan citra positif Indonesia kepada Gordon Ramsay.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 302.2 Communication/Komunikasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional | |||||||||
Depositing User: | user HI | |||||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2023 08:03 | |||||||||
Last Modified: | 23 Aug 2023 08:03 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6515 |
Actions (login required)
View Item |