Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME SPIN WHEEL BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI PERUBAHAN ENTALPI

HASANAH, RAHMAWATI and Yulita, Inelda and Sabekti, Ardi Widhia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME SPIN WHEEL BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI PERUBAHAN ENTALPI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
RAHMAWATI HASANAH_190384204020_PENDIDIKAN KIMI_COVER.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (Abstrak)
RAHMAWATI HASANAH_190384204020_PENDIDIKAN KIMIA_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB I)
RAHMAWATI HASANAH_190384204020_PENDIDIKAN KIMIA_BAB 1.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
RAHMAWATI HASANAH_190384204020_PENDIDIKAN KIMIA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Full Teks)
RAHMAWATI HASANAH_190384204020_PENDIDIKAN KIMI_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game spin wheel berbasis scaffolding dalam materi pembelajaran perubahan entalpi yang valid dan praktis serta dapat digunakan pada proses pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan yang melibatkan analisis kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 5 Tanjungpinang dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 validator ahli materi, 1 validator ahli media, serta subjek penelitian terhadap 27 peserta didik kelas XI MIPA dan 1 orang guru kimia. Hasil validasi materi pada pembelajaran game spin wheel berbasis scaffolding pada materi perubahan entalpi peroleh nilai 93,8% kategori sangat valid. Sedangkan hasil validasi materi peroleh nilai 80,83% kategori penilaian valid. Hasil praktikalitas guru pada pembelajaran game spin wheel berbasis scaffolding pada materi perubahan entalpi peroleh nilai 83,3% kategori penilaian praktis. Sementara hasil praktikalitas peserta didik peroleh 86,50% kategori penilaian sangat praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSabekti, Ardi WidhiaNIP. 198903082018031001
UNSPECIFIEDYulita, IneldaNIP. 19860705842012004
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:12
Last Modified: 24 Jan 2024 06:12
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item View Item