Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MENGGUNAKAN RASCH MODEL KELAS X SMA NEGERI 2 BUNGURAN TIMUR

SIMBOLON, RAHMA GUSTIANNUR and Rahmatina, Desi and Febrian, Febrian (2024) ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MENGGUNAKAN RASCH MODEL KELAS X SMA NEGERI 2 BUNGURAN TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Bab I)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Bab I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (Full Teks)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis butir soal matematika dengan mengukur reliabilitas, tingkat kesulitan (item dan person measure) dan tingkat kesesuaian (item dan person fit) menggunakan Rasch model. Responden pada penelitian ini berjumlah 77 peserta didik dengan 40 soal berupa pilihan ganda. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Hasil analisis reliabilitas menggunakan bantuan software Winsteps 3.73, diperoleh reliabilitas dilihat dari Alpha Cronbach KR 20 sebesar 0,82 dengan person reliability 0,80 dan item reliability 0,90. Hasil analisis tingkat kesulitan, item measure diperoleh 12 soal sangat sulit, 3 soal sulit, 19 soal mudah dan 6 soal sangat mudah. Sedangkan person measure diperoleh 36 peserta didik abilitas tinggi, 33 peserta didik abilitas sedang dan 8 peserta didik abilitas rendah. Hasil analisis tingkat kesesuaian, item fit diperoleh 1 soal tidak fit dan 39 soal fit. Sedangkan person fit diperoleh 8 peserta didik mengalami pola respon berbeda (misfit) dan 69 peserta didik dengan pola respon ideal. Pola respon berbeda dikarenakan peserta didik tidak berhasil menjawab soal sangat mudah dengan benar, namun mampu menjawab soal sangat sulit dengan benar. Berdasarkan analisis tersebut, penggunaan Rasch model sangat dianjurkan untuk digunakan oleh guru agar dapat membantu guru dalam mengetahui kualitas alat penilaian dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDRahmatina, DesiNIPPPK.197612052021212002
UNSPECIFIEDFebrian, FebrianNIP.198802072015041004
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:50
Last Modified: 22 Jan 2024 01:50
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6586

Actions (login required)

View Item View Item