SIMBOLON, RAHMA GUSTIANNUR and Rahmatina, Desi and Febrian, Febrian (2024) ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MENGGUNAKAN RASCH MODEL KELAS X SMA NEGERI 2 BUNGURAN TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (138kB) |
|
Text (Bab I)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Bab I.pdf - Published Version Download (224kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (Full Teks)
RAHMA_GUSTIANNUR_SIMBOLON_190384202027_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis butir soal matematika dengan mengukur reliabilitas, tingkat kesulitan (item dan person measure) dan tingkat kesesuaian (item dan person fit) menggunakan Rasch model. Responden pada penelitian ini berjumlah 77 peserta didik dengan 40 soal berupa pilihan ganda. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Hasil analisis reliabilitas menggunakan bantuan software Winsteps 3.73, diperoleh reliabilitas dilihat dari Alpha Cronbach KR 20 sebesar 0,82 dengan person reliability 0,80 dan item reliability 0,90. Hasil analisis tingkat kesulitan, item measure diperoleh 12 soal sangat sulit, 3 soal sulit, 19 soal mudah dan 6 soal sangat mudah. Sedangkan person measure diperoleh 36 peserta didik abilitas tinggi, 33 peserta didik abilitas sedang dan 8 peserta didik abilitas rendah. Hasil analisis tingkat kesesuaian, item fit diperoleh 1 soal tidak fit dan 39 soal fit. Sedangkan person fit diperoleh 8 peserta didik mengalami pola respon berbeda (misfit) dan 69 peserta didik dengan pola respon ideal. Pola respon berbeda dikarenakan peserta didik tidak berhasil menjawab soal sangat mudah dengan benar, namun mampu menjawab soal sangat sulit dengan benar. Berdasarkan analisis tersebut, penggunaan Rasch model sangat dianjurkan untuk digunakan oleh guru agar dapat membantu guru dalam mengetahui kualitas alat penilaian dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2024 01:50 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2024 01:50 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6586 |
Actions (login required)
View Item |