SAFITRI, DEWI and Widhia Sabekti, Ardi and Willian, Nancy (2019) EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ALGORITMIK SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Abstrak)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version Download (153kB) |
|
Text (BAB I)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version Download (281kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (298kB) |
|
Text (Cover)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - Cover.pdf - Published Version Download (836kB) |
|
Text (Full teks)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pemanfaatan media permainan ular tangga elektronik sewaktu pembelajaran merupakan salah satu jalan keluar bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa terutama algoritmik. Peningkatan pemahaman algoritmik siswa dapat dilihat dengan keefektivan media permainan ular tangga elekronik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) Mengetahui gambaran efektivitas dari penggunaan media permainan ular tangga elektronik dalam meningkatkan pemahaman algortimik siswa materi laju reaksi dan 2) Mengetahui perbedaan pemahaman algoritmik siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan media pembelajaran dengan media permainan ular tangga elektronik pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian preeksperiment dengan desain One-group Pretest-Posttest. Sampel penelitian yang digunakan adalah 36 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Batam dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan tes (pretest-posttest). Hasil penelitian : 1) Media permainana ular tangga elektronik cukup efektif dengan memperoleh rata-rata skor N-gain yaitu sebesar 71% dan 2) terdapat perbedaan pemahaman algoritmik siswa sebelum dan setelah penerapan media permainan ular tangga elekronik pada pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil Uji Wilcoxon dengan Asymp.Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Kesimpulan yang didapat berdasarkan penelitian tersebut adalah bahwa permainan ular tangga elektronik cukup efektif dimanfaatkan ketika pembelajaran materi laju reaksi dan mampu meningkatkan pemahaman algoritmik siswa
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2024 03:18 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2024 03:18 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6589 |
Actions (login required)
View Item |