Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ALGORITMIK SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

SAFITRI, DEWI and Widhia Sabekti, Ardi and Willian, Nancy (2019) EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ALGORITMIK SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Abstrak)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB I)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (Cover)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - Cover.pdf - Published Version

Download (836kB)
[img] Text (Full teks)
DEWI SAFITRI_2003040010_Pendidikan Kimia - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pemanfaatan media permainan ular tangga elektronik sewaktu pembelajaran merupakan salah satu jalan keluar bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa terutama algoritmik. Peningkatan pemahaman algoritmik siswa dapat dilihat dengan keefektivan media permainan ular tangga elekronik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) Mengetahui gambaran efektivitas dari penggunaan media permainan ular tangga elektronik dalam meningkatkan pemahaman algortimik siswa materi laju reaksi dan 2) Mengetahui perbedaan pemahaman algoritmik siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan media pembelajaran dengan media permainan ular tangga elektronik pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian preeksperiment dengan desain One-group Pretest-Posttest. Sampel penelitian yang digunakan adalah 36 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Batam dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan tes (pretest-posttest). Hasil penelitian : 1) Media permainana ular tangga elektronik cukup efektif dengan memperoleh rata-rata skor N-gain yaitu sebesar 71% dan 2) terdapat perbedaan pemahaman algoritmik siswa sebelum dan setelah penerapan media permainan ular tangga elekronik pada pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil Uji Wilcoxon dengan Asymp.Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Kesimpulan yang didapat berdasarkan penelitian tersebut adalah bahwa permainan ular tangga elektronik cukup efektif dimanfaatkan ketika pembelajaran materi laju reaksi dan mampu meningkatkan pemahaman algoritmik siswa

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDWidhia Sabekti, ArdiNIP.19890308201831001
UNSPECIFIEDWillian, NancyNIP.198107212014042001
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:18
Last Modified: 22 Jan 2024 03:18
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6589

Actions (login required)

View Item View Item