RIA ANDINI, ANDIKA and Fera, Mirta and Liana, Metta (2024) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL KEPULAUAN RIAU DITINJAU DARI EFIKASI DIRI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ANDIKA_RIA_ANDINI_190384202059_Pendidikan Matematika-COVER.pdf - Published Version Download (422kB) |
|
Text (Abstrak)
ANDIKA_RIA_ANDINI_190384202059_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (344kB) |
|
Text (BAB I)
ANDIKA_RIA_ANDINI_190384202059_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ANDIKA_RIA_ANDINI_190384202059_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (612kB) |
|
Text (Full Teks)
ANDIKA_RIA_ANDINI_190384202059_Pendidikan Matematika-Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA dengan konteks permainan tradisional Kepulauan Riau ditinjau dari efikasi diri. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Tanjungpinang semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket efikasi diri, tes literasi matematika, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket efikasi diri, lembar soal tes literasi matematika, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data terditi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh adalah kategori efikasi diri siswa didominasi oleh kategori efikasi diri sedang. 5 siswa sebesar 15,15% pada kategori efikasi diri tinggi, 23 siswa persentase sebesar 69,69% pada kategori efikasi diri sedang, sedangkan 5 siswa sebesar 15,15% kategori efikasi diri rendah. Siswa kategori tinggi mampu memenuhi ketiga indikator literasi matematika yaitu, merumuskan masalah, menggunakan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian pada soal tipe PISA 2, 3, dan 4. Siswa kategori sedang mampu memenuhi kedua indikator literasi matematika yaitu, merumuskan masalah dan menggunakan konsep pada soal tipe PISA level 3 dan 4. Siswa kategori rendah hanya mampu memenuhi satu indikator literasi matematika yaitu, merumuskan masalah pada soal tipe PISA level 2.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2024 02:51 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2024 02:51 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6630 |
Actions (login required)
View Item |