Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

STRATEGI PEMASARAN MELALUI E-COMMERCE (STUDI KASUS UMKM ABON IKAN KARDINA) KOTA TANJUNGPINANG

RISANDI, ARI and Hafsar, Khairul and Tetty, Tetty (2024) STRATEGI PEMASARAN MELALUI E-COMMERCE (STUDI KASUS UMKM ABON IKAN KARDINA) KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Ari Risandi_190254245009_SEP_COVER_.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (Abstrak)
Ari Risandi_190254245009_SEP_Abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB I)
Ari Risandi_190254245009_SEP_BAB I.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Ari Risandi_190254245009_SEP_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (Full Teks)
Ari Risandi_190254245009_SEP_Full Teks_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Banyak pelaku bisnis menerapkan strategi pemasaran sistem e-commerce sebagai tempat menjual barang dan jasa. E-commerce merupakan tempat sebagai peluang pengembangan bisnis, salah satu UMKM yang menggunakan sistem ini adalah UMKM Abon Ikan Kardina. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi penerapan strategi pemasaran melalui e-commerce pada UMKM Abon Ikan Kardina dan untuk merumuskan strategi pemasaran melalui e-commerce di UMKM Abon Ikan Kardina. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Mei tahun 2023 di UMKM Abon Ikan Kardina. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualititatif dengan menggunakan analisis SWOT dan AHP. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi pemasaran melalui e-commerce pada UMKM Abon Ikan Kardina dilihat dari beberapa penggunaan aplikasi e-commerce dan sosial media berupa Shopee, Facebook, Instagram dan WhatsApp. Berdasarkan hasil analisis SWOT dan AHP, terdapat 4 strategi prioritas dalam perumusan strategi pemasaran melalui e-commerce pada UMKM Abon Ikan Kardina, yaitu (1) meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk, (2) memberikan informasi kualitas produk yang baik agar dipercaya dipasaran, (4) memperbaiki sumber daya manusia (SDM) yang memahami bidang e-commerce serta pembukuan, (4) Rutin melakukan update konten pada setiap pada setiap platform.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDHafsar, KhairulNIP.199007132018031002
UNSPECIFIEDTetty, TettyNIP.199005222019032025
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan
Depositing User: user sosialEK
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:52
Last Modified: 26 Jan 2024 06:52
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6638

Actions (login required)

View Item View Item