DAELI, SUJONO PUTRA and Widhia Sabekti, Ardi and Fitriani, Rita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (cover)
SUJONO PUTRA DAELI_190384204029_PENDIDIKAN KIMIA_COVER.pdf - Published Version Download (459kB) |
|
Text (ABSTRAK)
SUJONO PUTRA DAELI_190384204029_PENDIDIKAN KIMIA_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (454kB) |
|
Text (BAB I)
SUJONO PUTRA DAELI_190384204029_PENDIDIKAN KIMIA_BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SUJONO PUTRA DAELI_190384204029_PENDIDIKAN KIMIA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (512kB) |
|
Text (FULL TEKS)
SUJONO PUTRA DAELI_190384204029_PENDIDIKAN KIMIA_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan Media Animasi Berbasis Multipel Representasi pada Materi Ikatan Kimia untuk Siswa SMA dikembangkan agar memudahkan siswa dalam mempelajari mata pelajaran kimia. Pengembangan media ini merupakan media animasi yang mencakup tiga level multipel representasi yaitu makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui proses pembuatan media animasi berbasis multipel representasi pada materi ikatan kimia untuk siswa SMA; 2) Mengetahui validitas media animasi berbasis multipel representasi pada materi ikatan kimia untuk siswa SMA; 3) Mengetahui praktikalitas media animasi berbasis multipel representasi pada materi ikatan kimia untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research Development) dengan model Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, desain dan pengembangan dan implementasi. Hasil pengembangan media animasi berbasis multipel representasi pada materi ikatan kimia ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji validitas ahli materi diperoleh nilai sebesar 86,36% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas media diperoleh nilai sebesar 69,23% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas diperoleh dari praktikalitas guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas siswa sebesar 85,50% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media animasi berbasis multipel representasi pada materi ikatan kimia valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:25 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:25 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6640 |
Actions (login required)
View Item |