HASTUTI, SISKA and Andheska, Harry and Elfitra, Legi (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL TEKS CERPEN BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN APLIKASI ANYFLIP SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SISKA HASTUTI_190388201088_Bahasa Indonesia - Cover.pdf - Published Version Download (655kB) |
|
Text (Abstrak)
SISKA HASTUTI_190388201088_Bahasa Indonesia- Abstrak,pdf.pdf - Published Version Download (301kB) |
|
Text (BAB I)
SISKA HASTUTI_190388201088_Bahasa Indonesia-BAB 1.pdf - Published Version Download (973kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SISKA HASTUTI_190388201088_Bahasa Indonesia-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (304kB) |
|
Text (Lampiran)
SISKA HASTUTI_190388201088_Bahasa Indonesia - Lampiran.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Full Teks)
SISKA HASTUTI_190388201088_Bahasa Indonesia - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan permasalahan tersebut, dapat dipahami bahwa diperlukan inovasi akan pentingnnya peran bahan ajar berupa e-modul untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas. Penggunaan bahan ajar dapat menarik minat serta membangkitkan motivasi belajar siswa. Tidak hanya penggunaan bahan ajar saja pendekatan pembelajaran juga dapat diharapkan mampu membantu guru untuk menangani siswa dalam belajarnya dan siswa akan terbantu agar lebih paham apa yang disampaikan oleh guru. Adapun pendekatan pembelajaran yang baik digunakan tersebut pendekatan berbasis kontekstual. Pendekatan konstekstual adalah suatu pendekatan pembelajaran yang di mulai dengan mengambil, mensimulasikan, menceritakan, berdialog, bertanya jawab atau berdiskusi pada kehidupan sehari hari yang dialami siswa, kemudian diangkat kedalam konsep yang akan dipelajari dan dibahas. Berdasarkan hasil validasi ahli media dinyatakan “sangat valid” dengan hasil 81,3%. Selain itu, hasil validasi ahli materi dinyatakan “sangat valid” dengan hasil 60%. Dan hasil validasi ahli bahasa dinyatakan “sangat valid“ dengan hasil 81%. Dan berdasarkan hasil uji kepraktisan media pada siswa kelompok kecil, pembelajaran e-modul yang dikembangkan dinyatakan “sangat praktis” dengan hasil 83%. Hasil uji kepraktisan media pada siswa kelompok besar dinyatakan “sangat praktis” dengan hasil 79%.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 400. Bahasa > 410.72 Research and Statistical Methods of Linguistic/Riset Linguistik, Metode Statistik Linguistik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2024 08:17 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2024 08:17 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6674 |
Actions (login required)
View Item |