Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EFL TEACHERS' PERCEPTION ON THE USE OF L1 IN THE TEACHING AND LEARNING PROCESS AT SMP NEGERI 1 KARIMUN

Permata Sari, Lidya Putri and Nainggolan, Elsa Ernawati and Murni, Dewi (2024) EFL TEACHERS' PERCEPTION ON THE USE OF L1 IN THE TEACHING AND LEARNING PROCESS AT SMP NEGERI 1 KARIMUN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
LIDYA_PUTRI_PERMATA_SARI-2003050013 - Cover (2).pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (Abstrak)
LIDYA_PUTRI_PERMATA_SARI_2003050013_PENDIDIKAN_BAHASA_INGGRIS - Abstrak-1.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (BAB I)
LIDYA_PUTRI_PERMATA_SARI_2003050013_PENDIDIKAN_BAHASA_INGGRIS - BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
LIDYA_PUTRI_PERMATA_SARI_2003050013_PENDIDIKAN_BAHASA_INGGRIS - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text (Full text)
LIDYA_PUTRI_PERMATA_SARI-2003050013 - Full Text (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sari, Lidya Putri Permata. EFL Teachers’ Perception on the Use of L1 in the Teaching and Learning Process at SMP Negeri 1 Karimun, Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assist. Prof. Elsa Ernawati Nainggolan, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Assist. Prof. Dewi Murni, S.S., M.Hum. Kata kunci: L1, EFL Teaching and Learning, Perception. Penelitian ini berfokus pada persepsi dari 5 guru Bahasa inggris dalam penggunaan Bahasa pertama di dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru Bahasa Inggris dalam penggunaan L1 selama proses belajar dan mengajar di SMP Negeri 1 Karimun. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menganalisis persepsi guru. Data diperoleh dengan menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Observasi untuk mengetahui aktivitas selama pembelajaran kemudian interview digunakan untuk menyelami lebih dalam tentang bagaimana persepsi dari guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa pertama memberikan kelebihan dan kekuragan di dalam proses belajar dan mengajar. Dalam penelitian ini, guru lebih memilih untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar daripada menggunakan bahasa pertama (L1) di dalam kelas. Penggunaan bahasa pertama (L1) dalam proses belajar mengajar membuat siswa memiliki kemampuan berbicara yang rendah. Menurut guru, penggunaan L1 dapat menghambat tujuan pembelajaran bahasa Inggris tetapi dapat membuat siswa cepat memahami isi pelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDNainggolan, Elsa ErnawatiNIP.199109082019032012
UNSPECIFIEDMurni, DewiNIP.197906162014042001
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: user bahasa inggris
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:15
Last Modified: 24 Jan 2024 08:15
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6721

Actions (login required)

View Item View Item