NURHALIZA, NuRHALIZA and Rahmatina, Desi and Rosmery Tambunan, Linda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTS NEGERI TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Nurhaliza_190384202034_Matematika_Cover_..pdf - Published Version Download (405kB) |
|
Text (abstrak)
Nurhaliza_190384202034_Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (427kB) |
|
Text (BAB 1)
Nurhaliza_190384202034_Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (486kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Nurhaliza_190384202034_Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (460kB) |
|
Text (full teks)
Nurhaliza_190384202034_Matematika_Full Teks_.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI dibandingkan dengan model pengajaran langsung terhadap hasil belajar pada materi Aritmatika Sosial dikelas VII MTs Negeri Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTsN Negeri Tanjungpinang yang terdiri dari 6 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan mengambil dua kelas. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI. Data diperoleh dengan instrument tes yang telah duji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individulization) terhadap hasil belajar aritnmatika sosial kelas VII MTs Negeri Tanjungpinang tahun pelajaran 2023/2024. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Hₐ dirterima dan Hₒ ditolak, maka terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang signifikan dikelas eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 08:32 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 08:32 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6782 |
Actions (login required)
View Item |