NURAYUNI, NURAYUNI and Malik, Abdul and Elfitra, Legi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DEBAT BERBASIS YOUTUBE UNTUK PEMAHAMAN TEKS DEBAT SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KOTA TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
Nurayuni_190388201059_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf Download (456kB) |
|
Text (abstrak)
Nurayuni_190388201059_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_abstrak.pdf Download (550kB) |
|
Text (BAB I)
Nurayuni_190388201059_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_ BAB I.pdf Download (281kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Nurayuni_190388101059_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) |
|
Text (FULL TEKS)
Nurayuni_190388201059_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
Nurayuni_190388201059_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran Video Debat Berbasis Youtube Untuk Pemahaman Teks Debat Siswa Kelas XI Sma Negeri 2 Kota Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D sampai pada tahap pengembangan. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan media pembelajaran berbasis audiovisual dengan menggunakan aplikasi kinemaster, canva, dan capcut. Media pembelajaran ini telah dinilai berdasarkan penilaian dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Jumlah siswa pada uji coba media ini berjumlah 5 siswa untuk kelompok kecil dan 40 siswa kelompok besar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu wawancara, angket validasi media oleh ahli media dan ahli materi, serta angket kepraktisan media oleh siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan dua teknik, yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh rata-rata 91,25% dengan kriteria “sangat valid” untuk media, rata-rata 88,75% dengan kriteria “valid” untuk materi. Selain itu, penelitian ini dilakukanuji coba kepada siswa yang memperoleh rata-rata 89% dengan kriteria “praktis” oleh kelompok kecil dan rata-rata 84% dengan kriteria “praktis” oleh kelompok besar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2024 04:35 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2024 04:35 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/6813 |
Actions (login required)
View Item |