Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII

Era, Estari and Azza Nuzullah, Putri and Bony, Irawan (2019) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI ERA ESTARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Proses kegiatan praktikum tentunya membutuhkan panduan praktikum agar kegiatan praktikum dapat terlaksana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan, jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE tahapannya terdiri dari analisis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket dan lembar observasi, hasil validasi produk diperoleh melalui dua orang ahli materi dan satu orang ahli media. Untuk mengetahui hasil praktikalitas dan efektifitas panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing dilakukan uji coba terbatas penggunaan panduan praktikum pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tanjungpinang Hasil penelitian pengembangan panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing materi pencemaran lingkungan yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan hasil persentase penilaian sebesar 85.66%. Hasil praktikalitas panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing berada pada kategori sangat praktis berdasarkan hasil respon siswa dan guru diperoleh persentase penilaian sebesar 90.66%, sedangkan data efektifitas diperoleh dari hasil belajar siswa yang dilihat dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Dengan hasil belajar aspek kognitif siswa yang menunjukkan hasil belajar tuntas dengan nilai memuaskan, aspek afektif siswa sebesar 88.81% dikategorikan memuaskan, dan aspek psikomotor siswa sebesar 83.82% di kategorikan memuaskan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 550 Earth Sciences/Ilmu tentang Bumi/Geology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 20 Jul 2021 05:15
Last Modified: 20 Jul 2021 05:15
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/704

Actions (login required)

View Item View Item