FRILDAWATI, DINDA and Izzati, Nur and Putri, Nurul Hilda Syani (2024) PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI MENERAPKAN ALUR MERDEKA PADA KELAS VII SMPN 5 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Dinda_Frildawati_2003020018_Pendidikan_Matematika_Cover.pdf.pdf - Published Version Download (302kB) |
|
Text (Abstrak)
Dinda_Frildawati_2003020018_Pendidikan_Matematika_Abstrak.pdf.pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (BAB I)
Dinda_Frildawati_2003020018_Pendidikan_Matematika_BAB I.pdf.pdf - Published Version Download (373kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Dinda_Frildawati_2003020018_Pendidikan_Matematika_Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version Download (223kB) |
|
Text (Full Teks)
Dinda_Frildawati_2003020018_Pendidikan_Matematika_Cover-Dapus.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
Dinda_Frildawati_2003020018_Pendidikan_Matematika_Lampiran.pdf.pdf - Updated Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa dalam proses pembelajaran terdiferensiasi menerapkan alur MERDEKA lebih tinggi dari pada siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/I kelas VII SMP Negeri 5 Tanjungpinang, dengan sampel kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang diambil dengan cluster sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes soal uraian untuk mengukur komunikasi matematis siswa. Data yang dianalisis berupa data deskriptif kualitatif yang menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran serta data analisis inferensial yang menjelaskan data kemampuan komunikasi matematis pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, di mana kelas eksperimen sebesar 0,58 dan kelas kontrol sebesar 0,44 dengan kategoru sedang. Pada uji Independent T-test, nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,006. Uji yang dilakukan adalah uji pihak kanan, maka P-value = 1/2× 0,006 = 0,003 dan diketahui bahwa 0,003 < 0,05, maka H_a diterima. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa peningkatan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yang belajar menggunakan pembelajaran terdiferensiasi menerapkan alur MERDEKA lebih tinggi dibandingkan peningkatan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:38 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 06:38 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7432 |
Actions (login required)
View Item |