Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMP

AIN, NUR and Hilda Syani Putri, Nurul and Elvi, Mariyanti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Cover.pdf - Published Version

Download (717kB)
[img] Text (Abstrak)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Bab I)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - BAB I.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Lampiran)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Full Teks)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Full Tekss.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan konteks kemaritiman pada materi penyajian data kelas VII SMP. Media ini dikembangkan dengan menggunakan Scratch dan mengikuti metodologi Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen dan lembar validasi produk, instrumen praktikalitas dan instrumen tes. Teknis analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan Scratch telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kriteria validitas media diuji melalui penilaian oleh ahli materi dan ahli media, dengan hasil persentase sebesar 87,27% dan 83,84%, masuk dalam kategori "sangat valid". Kriteria kepraktisan media diuji dari sudut pandang pendidik dan peserta didik, dengan hasil persentase sebesar 100% dan 87%, masuk dalam kategori "sangat praktis". Kriteria efektivitas media diuji dengan melihat persentase ketuntasan dan N-Gain. Dari hasil ketuntasan, diperoleh persentase sebesar 90% dan N-Gain sebesar 0,64, sehingga membuktikan bahwa media ini efektif digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDHilda Syani Putri, NurulNIP.199110142022032008
UNSPECIFIEDElvi, MariyantiNIP.199103072019032022
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:45
Last Modified: 26 Jul 2024 07:45
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7449

Actions (login required)

View Item View Item