AIN, NUR and Hilda Syani Putri, Nurul and Elvi, Mariyanti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (717kB) |
|
Text (Abstrak)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (131kB) |
|
Text (Bab I)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (162kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
Text (Lampiran)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Lampiran.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Full Teks)
NUR_AIN_2003020057_Pendidikan_Matematika - Full Tekss.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan konteks kemaritiman pada materi penyajian data kelas VII SMP. Media ini dikembangkan dengan menggunakan Scratch dan mengikuti metodologi Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen dan lembar validasi produk, instrumen praktikalitas dan instrumen tes. Teknis analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan Scratch telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kriteria validitas media diuji melalui penilaian oleh ahli materi dan ahli media, dengan hasil persentase sebesar 87,27% dan 83,84%, masuk dalam kategori "sangat valid". Kriteria kepraktisan media diuji dari sudut pandang pendidik dan peserta didik, dengan hasil persentase sebesar 100% dan 87%, masuk dalam kategori "sangat praktis". Kriteria efektivitas media diuji dengan melihat persentase ketuntasan dan N-Gain. Dari hasil ketuntasan, diperoleh persentase sebesar 90% dan N-Gain sebesar 0,64, sehingga membuktikan bahwa media ini efektif digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:45 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:45 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7449 |
Actions (login required)
View Item |