SAPUTRI, RISKI DWI and Willian, Nancy and Umara, Yudi (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS GREEN CHEMISTRY DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI IKATAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RISKI DWI SAPUTRI_2003040008_Pend.Kimia - Cover.pdf - Published Version Download (655kB) |
|
Text (Abstrak)
RISKI DWI SAPUTRI_2003040008_Pend.Kimia - Abstrak.pdf.pdf - Published Version Download (223kB) |
|
Text (Bab I)
RISKI DWI SAPUTRI_2003040008_Pend.Kimia - Bab I.pdf.pdf - Published Version Download (332kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RISKI DWI SAPUTRI_2003040008_Pend.Kimia - Daftar pustaka.pdf.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text (Full Teks)
RISKI DWI SAPUTRI_2003040008_Pend.Kimia - Full Teks.pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan panduan praktikum elektronik berbasis green chemistry dengan model problem based learning pada materi ikatan kimia. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui proses pengembangan panduan praktikum elektronik berbasis green chemistry dengan model problem based learning pada materi ikatan kimia: 2) mengetahui validitas pengembangan panduan praktikum elektronik berbasis green chemistry dengan model problem based learning pada materi ikatan kimia: 3) mengetahui praktikalitas pengembangan panduan praktikum elektronik berbasis green chemistry dengan model problem based learning pada materi ikatan kimia. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Hannafin dan Peck terdiri dari 3 tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan serta implementasi. Hasil pengembangan bahan ajar pembelajaran panduan praktikum elektronik berbasis green chemistry dengan model problem based learning pada materi ikatan kimia ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji validasi materi sebesar 75,00% dengan kategori valid. Hasil uji validasi bahan ajar mendapat nilai sebesar 75,00% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas respon guru mendapat nilai sebesar 87,50% dengan kategori sangat praktis serta praktikalitas respon peserta didik sebesar 83,55% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum elektronik berbasis green chemistry dengan model problem based learning valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:03 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 03:03 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7565 |
Actions (login required)
View Item |