BR SIMANJUNTAK, YUYUN ELFRIDA and Azmi, Roma Doni and Prastowo, Aang Yudho (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE MIKIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
YUYUN_ELFRIDA_BR_SIMANJUNTAK_2003020038_Pendidikan Matematika-Cover.pdf - Published Version Download (357kB) |
|
Text (Abstrak)
YUYUN_ELFRIDA_BR_SIMANJUNTAK_2003020038_Pendidikan Matematika-Abstrak.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text (BAB I)
YUYUN_ELFRIDA_BR_SIMANJUNTAK_2003020038_Pendidikan Matematika-BAB I.pdf - Published Version Download (226kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
YUYUN_ELFRIDA_BR_SIMANJUNTAK_2003020038_Pendidikan Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (280kB) |
|
Text (Full Teks)
YUYUN_ELFRIDA_BR_SIMANJUNTAK_2003020038_Pendidikan Matematika-Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran active learning dengan metode MIKiR dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Bintan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis quasi experiment. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket keterampilan kolaborasi dan lembar observasi, angket keterampilan kolaborasi memuat aspek komitmen, menghormati orang lain, musyawarah dan partisipasi. Teknik pengambilan data dengan kelas eksperimen yang akan menerima perlakuan menggunakan pembelajaran active larning dengan metode MIKiR dan kelas kontrol yang akan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dengan menggunakan uji statistik non parametrik yatu uji wilcoxon. Selanjutnya, untuk menguji peningkatan dilakukan uji n-gain. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran active learning dengan metode MIKiR efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dengan nilai ratarata N-gain kelas eksperimen yang lebih besar yaitu 0,48 dan rata-rata N-gain kelas kontrol yaitu 0,11.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 01:50 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 01:50 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7566 |
Actions (login required)
View Item |