PANGGABEAN, DIANDRA SARTIKA and Dwinata, Alona and Rahmatina, Desi (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Cover.pdf - Published Version Download (700kB) |
|
Text (Abstrak)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Abstrak.pdf - Published Version Download (332kB) |
|
Text (BAB I)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-BAB I.pdf - Published Version Download (348kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (441kB) |
|
Text (Full Teks)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR dengan pendekatan RME pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 45 Batam. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Batam yang terdiri dari enam kelas, yaitu kelas VIII A hingga VIII F. Sampel diambil melalui teknik probability sampling dengan metode cluster random sampling, sehingga didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol, yang berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Pada hasil penelitian melalui uji Independent t-test diperoleh nilai Sig. 0,044, dan diketahui 0,044 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR dengan pendekatan RME lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2024 03:38 | |||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2024 03:38 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7569 |
Actions (login required)
View Item |