Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

PANGGABEAN, DIANDRA SARTIKA and Dwinata, Alona and Rahmatina, Desi (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Cover.pdf - Published Version

Download (700kB)
[img] Text (Abstrak)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Abstrak.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (BAB I)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (Full Teks)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
DIANDRA_SARTIKA_PANGGABEAN_2003020039_Pendidikan Matematika-Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR dengan pendekatan RME pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 45 Batam. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Batam yang terdiri dari enam kelas, yaitu kelas VIII A hingga VIII F. Sampel diambil melalui teknik probability sampling dengan metode cluster random sampling, sehingga didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol, yang berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Pada hasil penelitian melalui uji Independent t-test diperoleh nilai Sig. 0,044, dan diketahui 0,044 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR dengan pendekatan RME lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDDwinata, AlonaNIP.198802232014042003
UNSPECIFIEDRahmatina, DesiNIP.197612052021212002
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:38
Last Modified: 30 Aug 2024 03:38
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7569

Actions (login required)

View Item View Item