PUSPITA, MELIA and Widhia Sabekti, Ardi and Pardi, Hilfi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERANAN NANOTEKNOLOGI UNTUK PESERTA DIDIK FASE E. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - Cover.pdf - Published Version Download (461kB) |
|
Text (Abstrak)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version Download (62kB) |
|
Text (BAB I)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version Download (114kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (131kB) |
|
Text (Full Text)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Terlepas dari perkembangan sains dan teknologi yang semakin pesat, penggunaan media pembelajaran elektronik di sekolah masih belum sepenuhnya optimal dalam mendukung proses belajar mengajar. Disisi lain, smartphone telah menjadi perangkat yang banyak digunakan peserta didik dalam kesehariannya dan dapat difungsikan sebagai media pembelajaran, sehingga aktivitas belajar bisa dilakukan setiap saat. Nanoteknologi menjadi salah satu materi kimia fase E yang berkaitan dengan kemampuan memanipulasi atau memproduksi material pada skala nano. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui tingkat validitas, dan mengetahui praktikalitas media pembelajaran berbasis android pada materi peranan nanoteknologi. Metode yang digunakan adalah metode research and development (R&D) dengan mengacu model ADDIE. Subjek penelitian ini meliputi dua orang dosen pendidikan kimia, satu orang pendidik dan 32 orang peserta didik kelas X.9 di SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Hasil validasi materi dan validasi media pada pengembangan media pembelajaran berbasis android ini memperoleh nilai sebesar 85% dan 87,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas pendidik dan peserta didik terhadap produk memperoleh nilai sebesar 100% dan 88,21% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi peranan nanoteknologi layak untuk diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:23 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:23 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7665 |
Actions (login required)
View Item |