Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERANAN NANOTEKNOLOGI UNTUK PESERTA DIDIK FASE E

PUSPITA, MELIA and Widhia Sabekti, Ardi and Pardi, Hilfi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERANAN NANOTEKNOLOGI UNTUK PESERTA DIDIK FASE E. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - Cover.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (Abstrak)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (BAB I)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Full Text)
MELIA PUSPITA_2003040012_Pendidikan Kimia - Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Terlepas dari perkembangan sains dan teknologi yang semakin pesat, penggunaan media pembelajaran elektronik di sekolah masih belum sepenuhnya optimal dalam mendukung proses belajar mengajar. Disisi lain, smartphone telah menjadi perangkat yang banyak digunakan peserta didik dalam kesehariannya dan dapat difungsikan sebagai media pembelajaran, sehingga aktivitas belajar bisa dilakukan setiap saat. Nanoteknologi menjadi salah satu materi kimia fase E yang berkaitan dengan kemampuan memanipulasi atau memproduksi material pada skala nano. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui tingkat validitas, dan mengetahui praktikalitas media pembelajaran berbasis android pada materi peranan nanoteknologi. Metode yang digunakan adalah metode research and development (R&D) dengan mengacu model ADDIE. Subjek penelitian ini meliputi dua orang dosen pendidikan kimia, satu orang pendidik dan 32 orang peserta didik kelas X.9 di SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Hasil validasi materi dan validasi media pada pengembangan media pembelajaran berbasis android ini memperoleh nilai sebesar 85% dan 87,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas pendidik dan peserta didik terhadap produk memperoleh nilai sebesar 100% dan 88,21% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi peranan nanoteknologi layak untuk diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDWidhia Sabekti, ArdiNIP.198903082018031001
UNSPECIFIEDPardi, HilfiNIP.198906012019031013
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:23
Last Modified: 29 Jul 2024 03:23
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7665

Actions (login required)

View Item View Item