HARTATI, RITA and Yulita, Inelda and Siregar, Eko Febri Syahputra (2024) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RITA HARTATI_2003040020_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (887kB) |
|
Text (Abstrak)
RITA HARTATI_2003040020_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
Text (BAB I)
RITA HARTATI_2003040020_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RITA HARTATI_2003040020_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
RITA HARTATI_2003040020_Pendidikan Kimia - Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan sains dan teknologi pada abad 21 memberikan tantangan baru di dunia pendidikan dimana pembelajaran dirancang untuk generasi agar mampu mengikuti arus perkembangan tekonologi terbaru. Salah satu bahan ajar yang mendukung perkembangan pembelajaran abad 21 yaitu penuntun praktikum berbasis elektronik. Penuntun praktikum berbasis elektronik merupakan panduan yang berbentuk elektronik agar dapat membantu peserta didik untuk mempersiapkan diri sebelum melaksanakan praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji tingkat validasi dan praktikalitas dari penuntun praktikum elektronik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Bahan ajar divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli bahan ajar. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Teluk Bintan. Hasil validasi ahli materi sebesar 77,96% dengan kategori valid dan penelian oleh ahli bahan ajar sebesar 70,31% dengan kategori valid. Hasil praktikalitas guru terhadap produk mendapatkan persentase sebesar 86,5% dengan kategori sangat praktis dan persentase praktikalitas peserta didik memperoleh 84,5% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum elektronik pada materi laju reaksi sudah layak digunakan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 07:31 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 07:31 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7702 |
Actions (login required)
View Item |