HALAWA, LIBERTINA and Yulita, Inelda and Pardi, Hilfi (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS GAME MAZE CHASE PADA MATERI LAJU REAKSI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
LIBERTINA HALAWA_2003040006_Pendidikan Kimia - Cover.pdf - Published Version Download (469kB) |
|
Text (Abstrak)
LIBERTINA HALAWA_2003040006_Pendidikan Kimia-Abstrak.pdf - Published Version Download (399kB) |
|
Text (BAB I)
LIBERTINA HALAWA_2003040006_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version Download (515kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
LIBERTINA HALAWA_2003040006_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (510kB) |
|
Text (Full Teks)
LIBERTINA HALAWA_2003040006_Pendidikan Kimia - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan E-LKPD Interaktif berbasis game maze chase pada materi laju reaksi di lakukan karena kurangnya ketertarikan peserta didik pada pembelajaran kimia, kurangnya penggunaan bahan ajar interaktif dan kurangnya daya tarik dan minat belajar mandiri peserta didik di SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Salah satu bahan ajar yang sering digunakan dalam proses pembelajaran kimia adalah LKPD. E-LKPD ini dikembangkan untuk membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran kimia terutama pada materi laju reaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan serta menguji tingkat validitas dan praktikalitas dari E-LKPD Interaktif berbasis game maze chase. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model Hannafin dan Peck terdiri dari tahap: Penilaian Kebutuhan, Desain, Pengembangan dan Implementasi. E-LKPD Interaktif pembelajaran ini divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Subjek penelitian adalah guru kimia dan 31 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Penelitian ini memproleh hasil persentase validasi materi sebesar 88,23% dengan kategori sangat valid, serta hasil persentase validasi media sebesar 98,61% dengan kategori sangat valid. Hasil persentase praktikalitas guru sebesar 78,00% dengan kategori praktis dan hasil persentase praktikalitas peserta didik sebesar 92,47% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Interaktif berbasis game maze chase layak digunakan dalam proses pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:05 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:05 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7774 |
Actions (login required)
View Item |