Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PERANCANGAN SISTEM KONTROL BLOWER OTOMATIS DI ENGINE ROOM KN (KAPAL NEGARA) JADAYAT DENGAN RANGKAIAN DIRECT ON LINE (DOL) BERBASIS MIKROKONTROLER

LELATI PANJAITAN, GEOPANI and Pramana, Rozeff and Hekso Yunianto, Anton (2024) PERANCANGAN SISTEM KONTROL BLOWER OTOMATIS DI ENGINE ROOM KN (KAPAL NEGARA) JADAYAT DENGAN RANGKAIAN DIRECT ON LINE (DOL) BERBASIS MIKROKONTROLER. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Geopani Lelati Panjaitan_2001010003_Teknik Elektro_Cover.pdf - Published Version

Download (641kB)
[img] Text (Abstrak)
Geopani Lelati Panjaitan _2001010003_Teknik Elektro_Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Bab 1)
Geopani Lelati Panjaitan_2001010003_Teknik Elektro_BAB I.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Geopani Lelati Panjaitan_2001010003_Teknik Elektro_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Full Teks)
Geopani Lelati Panjaitan_200101010003_Teknik Elektro_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Blower yang terdapat di dalam engine room biasanya diatur secara manual. Namun pengaturan manual dapat menjadi kurang efisien karena memerlukan penyesuaian secara manual untuk mematikan, dan menghidupkan kembali blower. Sehingga penelitian ini bertujuan merancang sistem kontrol blower otomatis di engine room kapal dengan menggunakan rangkaian Direct On Line (DOL) berbasis mikrokontroler. Sensor temperature DS18B20 digunakan untuk mendeteksi temperature di engine room, sedangkan mikrokontroler Arduino Nano digunakan untuk mengatur operasi blower berdasarkan nilai temperature yang terdeteksi. Blower 1 dan blower 2 aktif jika temperature ≤ 39°C, dalam mode forward/reverse. Blower 1 non-aktif saat temperature > 39°C, namun blower 2 tetap aktif hingga temperature < 29°C. Saat temperature ≥ 29°C - ≤ 38°C, blower 2 tetap beroperasi. Hasil pengujian dengan kondisi kapal bersandar menunjukkan bahwa temperature di engine room fluktuatif dalam rentang tertentu. temperature mencapai nilai tertinggi dalam rentang waktu 14:15:03 yaitu 39,94°C, yang mengaktifkan kedua blower untuk mensirkulasi udara kedalam engine room. Meskipun temperature awalnya cukup tinggi, blower berhasil menurunkan temperature menjadi 28,94°C dalam waktu 2 jam. Dengan penggunaan blower yang dioptimalkan berdasarkan nilai temperature yang terdeteksi, diharapkan sistem ini dapat mengurangi konsumsi energi, kemudahan dalam beroperasi, peningkatan keselamatan terutama mengurangi resiko kecelakaan kapal yang disebabkan oleh temperature yang tidak terkendali di engine room, dan perpanjangan masa pakai mesin dan mesin pompa lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDPramana, RozeffNIDN.1010047802
UNSPECIFIEDHekso Yunianto, AntonNIDN.0011067912
Subjects: 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 - 629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: user Teknik Elektro
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:50
Last Modified: 06 Aug 2024 02:50
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7817

Actions (login required)

View Item View Item